adjar.id – Ada beberapa perbedaan iklan media cetak dan media elektronik.
Dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 5 SD Tema 3: Makanan Sehat Edisi Revisi 2017 terdapat soal Ayo Membaca di halaman 46.
Pada soal tersebut kita diminta untuk menuliskan perbedaan antara iklan media cetak dan iklan media elektronik yang ada pada buku tematik kelas 5 SD tema 3 subtema 2.
Soal tersebut berasal dari percakapan Dayu, Udin, dan Lani tentang iklan obat sakit perut yang mereka lihat.
Baca Juga: Jawab Soal Kata Kunci Iklan Elektronik Demam Berdarah, Kelas 5 Tema 3
Maka dari itu, agar bisa membantu mempermudah Adjarian, kali ini kita akan membahas jawaban dari soal Ayo Membaca tersebut.
Iklan ini terbagi ke dalam dua jenis, yaitu iklan media cetak dan iklan media elektronik yang banyak kita lihat di kehidupan sehari-hari.
Adjarian, sudah tahu belum perbedaan media cetak dan media elektronik itu apa?
Yuk, kita simak pembahasan berikut ini agar bisa mudah menjawab soal Ayo Membaca di halaman 46!
Pengertian Iklan Media Cetak
Iklan media cetak merupakan sebuah iklan yang ditampilkan pada media dan diterbitkan dalam bentuk tulisan.
Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), media cetak merupakan sebuah sarana media massa yang dicetak dan diterbitkan secara berkala.
Jadi, media cetak merupakan media yang mengalami proses percetakan, seperti koran, pamflet, majalah, dan lain sebagainya.
Iklan yang terdapat pada media cetak ini juga digunakan sebagai sarana promosi terhadap berbagai hal, baik produk, barang, maupun acara.
Baca Juga: Jenis-Jenis Poster Berdasarkan Isi dan Tujuannya
Berikut ini beberapa ciri-ciri dari iklam media cetak, yaitu:
1. Iklan di media cetak sifatnya tertulis di dalam suatu media.
2. Pada media cetak bahasa yang digunakan lebih bersifat formal.
3. Iklan yang ditampilkan dalam bentuk tulisan.
4. Iklan bisa dibaca kapan saja, karena berbentuk fisik dan bisa disimpan.
Pengertian Iklan Media Elektronik
Iklan media elektronik yaitu iklan yang dibuat dengan bantuan media elektronik, seperti televisi, radio, media sosial, dan lain sebagainya.
Iklan yang terdapat pada media elektronik ini tidak hanya berupa tulisan seperti yang terdapat pada media cetak.
Akan tetapi, ada tambahan berupa video atau gambar yang dibuat dengan semenarik mungkin agar bisa menarik perhatian orang yang melihatnya.
Baca Juga: Perbedaan Iklan Visual, Audio, dan Audio Visual
Berikut ini beberapa ciri-ciri dari iklan media elektronik, di antaranya:
1. Iklan yang terdapat pada media elektronik lebih bersifat lisan.
2. Bahasa yang digunakan lebih longgar dengan perpaduan bahasa formal dan non formal.
3. Iklan yang ada di media elektronik bisa dilihat dan didengar secara langsung.
4. Orang hanya bisa melihat iklan satu kali karena hanya ditayangkan saat itu saja.
5. Iklan media cetak memiliki gambar atau video untuk menarik perhatian yang melihat iklan tersebut.
Perbedaan Iklan Media Cetak dan Media Elektronik
Berikut ini beberapa perbedaan yang ada pada media cetak dan media elektronik, di antaranya:
1. Pada media cetak iklan sifatnya tertulis, sementara pada media cetak iklan bersifat lisan.
2. Iklan pada media cetak terdapat di koran dan majalah, sementara pada media elektronik terdapat di televisi dan radio.
3. Iklan pada media cetak hanya bisa dibaca saja, sementara iklan pada media elektronik bisa dilihat dan didengar.
4. Iklan pada media cetak hanya berbentuk tulisan yang singkat, sementara pada media elektronik ada gambar yang bisa kita lihat.
5. Iklan pada media cetak bisa kita lihat kapan saja, sementara pada media elektronik iklan hanya bisa dilihat satu kali saja.
6. Iklan pada media cetak menggunakan bahasa yang formal, sementara pada media elektronik menggunakan bahasa formal dan non formal.
Baca Juga: Cara Menentukan Kata Kunci Iklan serta Fungsi dari Kata Kunci
Nah, itu tadi perbedaan iklan media cetak dan media elektronik yang bisa membatu Adjarian, menjawab soal Ayo Membaca di halaman 46.
Tonton juga video ini, yuk!
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | Aisha Amira |
KOMENTAR