adjar.id - Adjarian, kali ini kita akan menjawab soal berdasarkan percakapan yang ada antara guru, Dayu, dan teman Dayu.
Percakapan tersebut berada pada halaman 68 Buku Tematik Kelas 2 Tema 4 Subtema 2, ya.
Yuk, kita baca terlebih dulu!
Baca Juga: Hak Terkait Sekolah Bersih, Indah, dan Rapi, Kelas 3 Tema 4 Subtema 2
Percakapan guru, Dayu, dan teman Dayu
Guru: Tahukah anak-anak ibu bagaimana kelas yang tidak bersih?
Dayu: Tahu, Bu. Kelas yang tidak bersih banyak sampah yang berserakan, Bu.
Teman Dayu: Benar, Bu. Kelas yang tidak bersih juga banyak kuman, Bu.
Guru: Bagus anak-anak ibu. Sampah harus dibersihkan, kemudian dipisahkan.
Ada sampah basah dan sampah kering. Kita harus selalu menjaga kebersihan, ya, Nak!
Nah, sekarang, yuk, kita coba jawab pertanyaan berdasarkan pecakapan antara guru, Dayu, dan teman Dayu tersebut!
1. Apa isi percakapan guru, Dayu, dan teman-teman?
Jawab:
Percakapan antara guru, Dayu, dan teman Dayu adalah mengenai ciri dari kelas yang tidak bersih.
Baca Juga: Masalah dan Cara Menyelesaikan Masalah Kebersihan Lingkungan di Rumah
2. Bagaimana ciri-ciri kelas yang tidak bersih?
Jawab:
Kelas yang tidak bersih memiliki ciri-ciri antara lain adalah terdapat banyak sampah yang berserakan dan juga kotor.
3. Bagaimana pendapatmu tentang isi percakapan guru, Dayu, dan teman-teman?
Jawab:
Dengan mengetahui ciri-ciri dari kelas yang tidak bersih kita menjadi tahu apakah kelas kita termasuk bersih atau tidak.
Kalau kita kemudian mengetahui bahwa kelas kita kotor, kita bisa lekas membersihkannya.
Baca Juga: Hak dan Kewajiban Tentang Rumah Bersih
4. Apa yang harus kamu lakukan jika melihat kelas kotor?
Jawab:
Jika kita melihat kelas kotor, kita harus segera membersihkannya.
5. Bagaimana sikapmu jika melihat teman membuang sampah di ruang kelas?
Jawab:
Kita harus menegur teman kita dan mengatakan padanya agar membuang sampah pada tempatnya.
Nah Adjarian, itulah referensi jawaban yang dapat kita gunakan dalam menjawab soal berdasarkan teks bacaan yang ada pada Buku Tematik Kelas 2 Tema 4 Subtema 2.
Penulis | : | Irfan Sholeh |
Editor | : | Aisha Amira |
KOMENTAR