adjar.id – Adjarian, untuk mendorong suatu pertumbuhan ekonomi, ada beberapa faktor yang memengaruhi permintaan.
Permintaan atau demend merupakan jumlah barang dan jasa yang diminta konsumen pada beberapa tingkatan harga dan faktor yang diasumsikan tetap.
Pada buku Membuka Cakrawala Ekonomi kelas 10 SMA terdapat satu soal pada uji kemampuan bab 3 di halaman 70.
Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis, Fungsi dan Faktor yang Memengaruhi Penawaran
Soal tersebut meminta kita untuk menguraikan faktor-faktor yang memengaruhi sebuah permintaan.
Maka dari itu, kali ini kita akan membahas mengenai jawaban dari soal tersebut untuk referensi Adjarian dalam mengerjakan yang juga menjadi materi ekonomi kelas 10 SMA.
Tingkat permintaan dari konsumen bisa dipengaruhi oleh harga suatu barang, meski begitu juga ada beberapa faktor lainnya juga yang bisa memengaruhi permintaan.
Yuk, kita simak penjelasan mengenai jawaban soal uji kemampuan bab 3 berikut ini!
Berikut ini faktor-faktor yang bisa memengaruhi sebuah tingkatan permintaan konsumen, seperti:
1. Tingkat Pendapatan
Tingkat pendapatan adalah faktor yang menentukan permintaan dari konsumen terhadap suatu barang dan jasa yang akan dibeli.
Jadi, jika pendapatan konsumen meningkat, maka daya beli konsumen juga akan ikut meningkat.
Baca Juga: Mengetahui Permintaan Barang atau Jasa Dalam Suatu Sistem Perekonomian
Nah, jika tingkat pendapatan konsumen rendah maka permintaan akan barang dan jasa juga akan menurun.
Akan tetapi, ada permintaan barang yang menunjukkan suatu hubungan yang negatif.
Hubungan yang negatif di sini artinya saat pendapatan naik, konsumen akan mengurangi permintaan terhadap suatu barang.
Baranng tersebut disebut sebagai barang inferior, seperti barang yang kualitasnya rendah dan barang tiruan atau imitasi.
2. Harga Barang Lain yang Berhubungan
Meningkatnya harga suatu barang subtitusi atau barang yang saling mengganti, membuat permintaan terhadap suatu barang akan meningkat.
Akan tetapi, jika barang subtitusinya menurun, maka permintaan akan suatu barang juga akan ikut menurun.
Contoh barang subtitusi, yaitu kopi dan juga teh, di mana saat harga kopi naik, maka permintaan akan teh meningkat.
Baca Juga: Dampak Pengangguran dan Cara Mengatasinya, Materi Ekonomi Kelas 11 SMA
Hal ini terjadi karena harga teh jauh lebih murah dari harga kopi jadi permintaan teh menjadi lebih meningkat.
Selain barang subtitusi, pada barang komplementer atau barang yang saling melengkapi pun bisa terjadi hal yang sama.
Misalnya, antara gula pasir dan juga teh, saat harga gula pasir naik maka permintaan konsumen terhadap teh akan menurun.
Jadi, kenaikan atau penurunan harga barang lain yang saling berhubungan juga bisa memengaruhi permintaan.
3. Jumlah Penduduk
Jumlah penduduk suatu wilayah juga bisa menjadi memengaruhi permintaan juga, lo.
Jumlah penduduk pada suatu wilayah yang lebih banyak akan membuat permintaan terhadap suatu barang atau jasa meningkat.
Sebaliknya, jika jumlah penduduk pada suatu wilayah lebih sedikit, maka permintaan terhadap barang dan jasa bisa menurun.
4. Selera Konsumen
Selera konsumen juga bisa memengaruhi permintaan terhadap suatu barang.
Misalnya, saat selera masyarakat terhadap laptop dengan merek tertentu tinggi, maka permintaan akan laptop merek tersebut bisa lebih tinggi dari merek lain.
Baca Juga: Jenis-Jenis Barang sebagai Alat Pemuas Kebutuhan Hidup Manusia
5. Harapan Masyarakat
Harapan masyarakat di sini, yaitu sebuah perubahan karena perkiraan dari keadaan masyarakat pada masa yang akan datang akibat kebijakan suatu pemerintah.
Misalnya, pemerintah merencanakan akan menaikan harga BBM, maka sebelum harga naik permintaan terhadap BBM akan meningkat.
Hal ini terjadi karena adanya kemungkinan harga barang tersebut akan naik di masa yang akan datang, jadi masyarakat sampai menimbun BBM.
Nah, Adjarian itu tadi beberapa faktor yang memenngaruhi permintaan terhadap suatu barang atau jasa sebagai bahan referensi Adjarian untuk mengerjakan satu soal pada uji kemampuan bab 3 di halaman 70, ya.
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | Aisha Amira |
KOMENTAR