adjar.id - Adjarian, pada pembelajaran 5 buku tematik kela 3 tema 2 subtema 2 kali ini kita akan membuat percakapan yang menceritakan suatu perbuatan.
Percakapan yang akan kita buat ini berdasarkan dongeng Anak Gembala dan Serigala.
Nah, Adjarian bisa memilih adegan mana yang akan dikembangkan.
Baca Juga: Jawab Soal Susun Kata Pesan Moral 'Anak Gembala dan Serigala', Kelas 3 Tema 2 Subtema 2
Apakah adegan anak gembala bersama tuannya?
Ataukah adegan ketika anak gembala sedang bersama warga?
Pada artikel ini kita akan membaca contoh pengembangan percakapan antara anak gembala dan tuannya.
Yuk, langsung saja kita simak bersama!
Membuat Percakapan
Pada awal dongeng, kita bisa membayangkan bahwa kampung tempat tinggal anak gembala dan tuannya berada di dekat hutan.
Anak gembala sering menggembalakan domba di dekat hutan.
Namun, tempatnya menggembala lebih dekat ke kampung daripada ke hutan.
Baca Juga: Jawab Soal Karakter Tokoh dalam Dongeng 'Anak Gembala dan Serigala', Kelas 3 Tema 2 Subtema 2
Hutan itu gelap. Konon, masih banyak serigala yang menghuni hutan itu.
Hari itu gembala akan menggembala ke dekat hutan.
Dari cerita yang dituturkan narator, kita bisa menduga kalau rumput di tempat anak gembala biasa menggembala pasti sudah habis.
Kita sudah bisa menduga alasan anak gembala berpindah tempat. Sekarang, kita tinggal buat percakapannya.
Anak gembala: Tuan, rumput di dekat kampung sudah habis. Rumput lebat sekarang hanya ada di tepi hutan.
Tuan anak gembala: Pergilah ke tepi hutan. Tapi kamu harus berhati-hati. Banyak serigala yang menghuni hutan itu.
Baca Juga: Jawab Soal Sikap Baik yang Beni Lakukan, Kelas 3 Tema 2 Subtema 2
Anak gembala: Bagaimana bila ada serigala yang menyerang domba-domba, tuan?
Tuan anak gembala: Apabila kamu melihat serigala datang dan menyerang domba, kamu harus berteriak memanggil bantuan. Orang sekampung akan datang membantumu.
Nah, itulah percakapan yang bisa kita kembangkan berdasarkan dongeng Anak Gembala dan Serigala.
Penulis | : | Irfan Sholeh |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR