adjar.id - Adjarian, pada awal pembelajaran 2, buku tematik kelas 6 tema 2 subtema 1 kita diajak untuk mengamati gambar dan membaca sebuah teks.
Dari gambar dan teks tersebut, nanti kita akan mencoba membuat pertanyaan mengenai hidup rukun dalam perbedaan.
Namun, mula-mula kita tulis dahulu hasil pengamatan kita dan ringkasan dari teks Perbedaan yang Menguatkan, yuk!
Baca Juga: Jawab Soal 'Gerak Lokomotor dan Non Lokomotor pada Hewan', Kelas 6 Tema 1
Mengamati Gambar
Nah, gambar yang kita amati ini berada pada halaman 8 buku tematik kelas 6 tema 2 subtema 1.
Gambar tersebut menunjukkan suatu perayaan hari kemerdekaan di suatu lingkungan tempat tinggal.
Pada gambar, tampak ada tiga orang laki-laki dewasa, satu anak laki-laki, dan satu anak perempuan.
Dilhat dari pakaian atau pun penampilan fisiknya, kita dapat menduga orang-orang tersebut berasal dari latar belakang yang berbeda. Entah itu suku ataupun mungkin daerah asal (kampung halaman).
Namun, perbedaan tersebut tidak membuat mereka menolak bekerja sama.
Baca Juga: Jawab Soal Mengisi Peta Pikiran Teks 'Proklamasi Kemerdekaan Indonesia', Kelas 6 Tema 2
Di situ, tiga orang dewasa bekerja sama membuat pinang untuk lompa panjat pinang. Dua anak-anak juga saling bermain bersama dengan riang gembira.
Kemudian, pada teks berjudul Perbedaan yang Menguatkan kita membaca cerita berlatar kampung transmigran yang bernama kampung Cempaka.
Di kampung tersebut, warganya memiliki keragaman yang sangat kaya.
Perbedaan itu mulai dari suku, tempat asal, usia, agama, dan lain-lain.
Namun, perbedaan itu, lagi-lagi, tak jadi penghalan warga untuk hidup bersama.
Di kampung Cempaka, mereka rajin bekerja sama membetulkan rumah, berlatih tarian, memasak makanan, hingga berolahraga bersama.
Nah, dari hal-hal tersebut ada pertanyaan yang bisa kita tanyakan mengenai hidup rukun dalam perbedaan. Misalnya:
Baca Juga: Menulis Informasi dari Teks 'Bunga Teratai', Kelas 6 Tema 2 Subtema 1
1. Apa yang dimaksud perbedaan yang menguatkan dalam cerita berjudul Perbedaan yang Menguatkan?
2. Sila-sila Pancasila apa saja yang mereka terapkan dalam merayakan perbedaan?
3. Mengapa mereka mau bekerja sama meski memiliki latar belakang yang berbeda?
4. Bagaimana caranya supaya perbedaan terus menjadi kekuatan dan bukannya kelemahan?
Itulah contoh empat hal yang bisa kita tanyakan setelah mengamati gambar dan membaca teks Perbedaan yang Menguatkan.
Penulis | : | Irfan Sholeh |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR