adjar.id – Pasar oligopoli merupakan salah satu istilah dalam dunia pasar atau perdagangan.
Pasar oligopoli adalah kondisi suatu pasar yang didominasi oleh beberapa pelaku usaha yang mempunya skala produksi yang besar.
Pasar oligopoli termasuk ke dalam pasar persaingan tidak sempurna, karena jumlah produsen dan pedagang tidak sebanding dengan jumlah pembelinya.
Adjarian, agar pasar oligopoli dapat terus berlangsung, maka diperlukan sarana pemasaran dan promosi produk.
Baca Juga: Jenis-Jenis Sistem Ekonomi yang Berlaku dalam Masyarakat
O iya, hal tersebut dilakukan agar para pembeli tidak pindah ke produk yang lain sehingga mengakibatkan omzet penjualan menjadi menurun.
Pasar oligopoli terdiri dari beberapa produsen, yaitu dua sampai lima produsen.
Nah, sekarang kita simak penjelasan ciri-ciri pasar oligopoli dan contohnya.
“Pasar oligopoli termasuk pasar persaingan tidak sempurna yang jumlah produsen dan pembelinya tidak seimbang.”
Ciri-Ciri Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan pasar jenis lainnya.
Berikut ini ciri-ciri pasar oligopoli:
1. Memerlukan Sarana Promosi
Bagi produsen di pasar oligopoli, sarana promosi menjadi sesuatu yang sangat penting.
Hal ini untuk menjaga pembeli lama dan menarik pembeli baru.
Baca Juga: Pengertian Pasar Persaingan Sempurna dan Ciri-Cirinya dalam Ekonomi
2. Dijalankan oleh Dua Produsen atau Lebih
Pasar oligopoli dijalankan oleh dua produsen atau lebih dengan batas jumlahnya kurang dari sepuluh produsen.
Disebabkan sedikitnya jumlah produsen maka pasar ini disebut sebagai pasar persaingan tidak sempurna.
3. Produk yang Dijual Homogen
Produsen pada pasar oligopoli menghasilkan produk yang homogen dan banyak dijumpai dalam industri bahan mentah.
“Ciri-ciri pasar oligopoli di antaranya adalah memerlukan sarana promosi dan dijalankan oleh dua produsen atau lebih.”
4. Keterbatasan Menentukan Harga
Saat tidak adanya kerja sama, kekuatan menentukan harga akan sangat terbatas.
Jika suatu perusahaan menurunkan harga maka perusahaan lain akan menurunkan harga lebih besar.
Tetapi, jika perusahaan dalam pasar oligopoli bekerja sama dalam menentukan harga, maka harga dapat distabilkan dengan tingkat yang disepakati.
Baca Juga: Masalah dalam Bidang Ekonomi yang Dihadapi Pemerintahan Suatu Negara
Contoh Pasar Oligopoli
Setelah kita tahu ciri-ciri pasar oligopoli, berikut ini adalah contoh pasar oligopoli.
Adjarian, pasar oligopoli merupakan pasar yang berisi produk yang homogen dan bisa saling menggantikan.
Contoh pasar oligopoli yaitu industri semen, industri kendaraan bermotor, jasa penerbangan, dan layanan telekomunikasi.
Nah, Adjarian itu tadi tentan pasar oligopoli, ciri-ciri pasar oligopoli dan contohnya.
Yuk, sekarang jawab pertanyaan berikut.
Pertanyaan |
Apa yang di maksud dengan pasar oligopoli dan kenapa disebut pasar persaingan tidak sempurna? |
Petunjuk: Cek halaman 1. |
Penulis | : | Nabil Adlani |
Editor | : | Rahwiku Mahanani |
KOMENTAR