Jawab Soal Asesmen No. 6-10 pada Bab 4: Pemberdayaan Komunitas Berbasis Kearifan Lokal, Sosiologi Kelas XII Kurikulum Merdeka

By Rizky Amalia, Senin, 11 November 2024 | 07:00 WIB
(tangkapan layar) Terdapat soal Asesmen pada Bab 4: 'Pemberdayaan Komunitas Berbasis Kearifan Lokal' di halaman 135-141. (kemdikbud.go.id)

adjar.id - Kali ini kita akan membahas soal dari buku Sosiologi kelas XII Kurikulum Merdeka.

Terdapat soal Asesmen pada Bab 4: "Pemberdayaan Komunitas Berbasis Kearifan Lokal" di halaman 135-141.

Nah, kita akan mengerjakan soal Asesmen pada Bab 4: "Pemberdayaan Komunitas Berbasis Kearifan Lokal" untuk nomor 6 sampai 10 di halaman 139-141.

Soal Asesmen No. 6-10 pada Bab 4: "Pemberdayaan Komunitas Berbasis Kearifan Lokal" terdiri dari pertanyaan isian dan pilihan ganda, Adjarian.

Informasi berikut ini juga dapat dijadikan sebagai referensi jawaban, ya.

Yuk, simak informasi di bawah ini untuk mengetahui pembahasan soal Asesmen No. 6-10 pada Bab 4: "Pemberdayaan Komunitas Berbasis Kearifan Lokal", Sosiologi kelas XII Kurikulum Merdeka!

Pembahasan Soal Asesmen No. 6-10 pada Bab 4: "Pemberdayaan Komunitas Berbasis Kearifan Lokal"

6. Berilah tanda centang (√) pada kolom Benar/Salah yang menunjukkan pernyataan tepat berdasarkan infografik dan artikel di atas!

Jawaban: Salah, Benar, Benar, Benar

7. Perhatikan beberapa pernyataan berikut!

1) Memastikan program pemberdayaan yang sudah direncanakan berjalan dengan baik.

Baca Juga: Jawab Soal Asesmen No.1-5 pada Bab 4: Pemberdayaan Komunitas Berbasis Kearifan Lokal, Sosiologi Kelas XII Kurikulum Merdeka

2) Mengembangkan keterampilan yang dimiliki dan jenjang karier.

(tangkapan layar) pembahasan soal Asesmen No. 6-10 pada Bab 4: 'Pemberdayaan Komunitas Berbasis Kearifan Lokal', Sosiologi kelas XII Kurikulum Merdeka. (kemdikbud.go.id)

3) Memperoleh masukan untuk mengoptimalkan profit atau keuntungan.

4) Meminimalkan ketimpangan sosial di daerah lokasi pemberdayaan.

Manfaat evaluasi pemberdayaan bagi komunitas lokal atau penerima manfaat yang tepat ditunjukkan oleh angka . . . .

A. 1) dan 2)

B. 1) dan 3)

C. 2) dan 3)

D. 2) dan 4)

E. 3) dan 4)

Jawaban: B

Baca Juga: Jawab Soal Asesmen pada Bab 3: Masalah Sosial akibat Globalisasi dan Era Digital No. 6-10, Sosiologi Kelas XII Kurikulum Merdeka

8. Sekelompok pemuda melakukan survei potensi sumber daya alam di suatu daerah untuk dikembangkan agar memiliki daya tarik wisata. Setelah mengumpulkan berbagai informasi dan melakukan analisis SWOT, mereka merumuskan ide pengembangan wisata melalui suatu program. Ide tersebut dipaparkan kepada warga dan pemerintah desa melalui FGD untuk memastikan keterlaksanaan program yang sudah digagas.

Berdasarkan prosesnya, jenis evaluasi yang dilakukan sekelompok pemuda tersebut adalah . . . .

Jawaban: Evaluasi sebelum pelaksanaan pemberdayaan

9. Deskripsikan garis besar langkah-langkah evaluasi pemberdayaan komunitas!

Jawaban: Langkah-langkah evaluasi pemberdayaan sebagai berikut.

a. Menetapkan tujuan yang hendak dievaluasi.

b. Mengembangkan standar dan instrumen yang sesuai.

c. Mengumpulkan data melalui metode yang sesuai.

d. Menganalisis kesesuaian data dengan standar atau kriteria yang sudah ditentukan.

e. Menarik kesimpulan dan merekomendasikan tindak lanjut.

10. Pemerintah desa melibatkan sekelompok siswa dalam pelasanaan evaluasi pemberdayaan. Para siswa tersebut menemukan sebagian besar penerima manfaat yang terlibat dalam pemberdayaan tersebut belum mampu membaca dan menulis. Sementara itu, pihak desa mengevaluasi persepsi masyarakat mengenai ide yang sudah dipaparkan. Oleh karena itu, teknik pengumpulan data yang tepat untuk mengevaluasi tujuan tersebut adalah . . . dan . . . .

Baca Juga: Jawab Soal Asesmen pada Bab 3: Masalah Sosial akibat Globalisasi dan Era Digital No. 1-5, Sosiologi Kelas XII Kurikulum Merdeka

Jawaban: Wawancara dan FGD

Nah, itulah pembahasan soal Asesmen No. 6-10 pada Bab 4: "Pemberdayaan Komunitas Berbasis Kearifan Lokal", Sosiologi kelas XII Kurikulum Merdeka.

Tonton video ini, yuk!