adjar.id - Kali ini kita akan membahas soal dari buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka.
Terdapat soal Kegiatan 2 Memahami Isi Teks Berita pada Bab 2:"Menyajikan Berita Inovasi yang Menghibur" di halaman 36-37.
Soal Kegiatan 2 Memahami Isi Teks Berita pada Bab 2:"Menyajikan Berita Inovasi yang Menghibur" terdiri dari enam pertanyaan.
Informasi di bawah ini dapat dijadikan sebagai referensi jawaban, Adjarian.
Yuk, simak pembahasan soal Kegiatan 2 Memahami Isi Teks Berita pada Bab 2: 'Menyajikan Berita Inovasi yang Menghibur", bahasa Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka!
Pembahasan Soal Kegiatan 2 Memahami Isi Teks Berita pada Bab 2: 'Menyajikan Berita Inovasi yang Menghibur"
Instruksi: Bentuk kelompok bersama 2-3 teman kalian untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Pada teks di atas terdapat beberapa kosakata yang perlu dipahami artinya. Temukan arti kosakata berikut ini dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gunakan tautan https://kbbi.kemdikbud.go.id.
a. Kontes: Perlombaan (kecantikan dan sebagainya)b. Robotika: Ilmu tentang mesin robotc. Daring: Dalam jaringan, terhubung lewat jaringan komputer, internet, dan sebagainyad. Inovasi: Penemuan baru yang berbeda dari yang sudah adae. Laman: Halaman utama dari suatu situs web yang diakses oleh pengguna pada awal masuk ke situs tersebut
2. Buatlah kalimat sesuai petunjuk dengan kata-kata di bawah ini.
a. Kalimat majemuk setara dengan kata "kontes".b. Kalimat majemuk bertingkat dengan kata "robotika".c. Kalimat majemuk setara berlawanan dengan kata "daring".d. Kalimat langsung dengan kata "inovasi".e. Kalimat tidak langsung dengan kata "laman".
Jawaban: a. Kucing yang akan diikutkan kontes kucing cantik harus dapat melakukan gerakan jalan cantik dan mengenakan pakaian unik.
b. Kak Amir akan membelikan tas selempang berwarna magenta itu kalau Nabil mau mengikuti pelajaran ekstrakurikuler robotika.
b. Kakak ingin pergi ke gelora olahraga untuk menonton kontes robot, tetapi panitia melarang pengunjung datang karena perlombaan tersebut dilaksanakan secara daring.
d. "Saya senang dapat berlibat dalam inovasi di bidang industri kreatif pembuatan gitar elektrik dari bahan rotan," kata Andi.
e. Tadi Bu Lela berpesan agar para peserta didik membaca buku-buku yang tersedia secara daring di laman Badan Bahasa Kemdikbudristek.
3. Berdasarkan teks berita "ITS Juara Umum Kontes Robot Indonesia 2020", apakah gagasan pokok dari teks bacaan tersebut?
Jawaban: Gagasan pokoknya adalah ITS menjadi juara umum kontes robot yang merupakan wadah bagi pelajar atau peserta didik untuk menunjukkan karya terbaik mereka dalam inovasi teknologi.
4. Berdasarkan teks berita 'ITS Juara Kontes Robot Indonesia 2020' jawablah pertanyaan-pertanyaan yang menggunakan adiksimba berita.
a. Apa sajakah ketegori kontes tersebut?b. Di manakah kontes diadakan?c. Terdapat kutipan 'Seperti Robot Seni Tari, tidak terbayangkan sebelumnya robot dapat ikut melestarikan budaya Indonesia' kapan hal tersebut terjadi? Jelaskan alasan kalian.d. Siapakah yang memenangkan kategori robot tari? Jelaskan alasan kalian.e. Mengapa ITS disebut sebagai juara umum? Jelaskan alasan kalianf. Bagaimana pendapat kalian mengenai kontes robot tari?
Jawaban:
a. Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, Kontes Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).
b. Kontes diadakan secara daring
c. Pada saat pidato penutupan kontes tanggal 24 November 2020. Kalimat tersebut dikatakan oleh Nadiem Makarim saat pidato penutupan kontes.
d. Tim Erisa dari Elektronika Negeri Surabaya
e. Karena ITS menjadi juara 1 pada tiga kategori dan mendapatkan enam penghargaan lainnya sehingga total penghargaan yang didapatkan oleh sembilan. Pesaing terdekatnya meraih tujuh penghargaan.
f. Kontes Robot Tari adalah lomba yang unik karena menggabungkan teknologi dan kebudayaan. Menurut saya menyelaraskan gerakan robot dengan irama musik pasti tidak mudah, tetapi para peserta mampu melakukannya. Hal ini menunjukkan daya kreativitas yang tinggi dan semangat inovasi yang baik.
5. Untuk memastikan bahwa informasi pada berita ini akurat, cobalah cek silang dengan dua sumber berita daring (online) lainnya. Sebutkan sumber berita lain dari dalam format: Judul berita, nama sumber berita (surat kabar, majalah daring), tanggal, penulis, kutipan paragraf pertama.
a. Sumber berita ke-1 .........b. Sumber berita ke-2..........
Jawaban:
a. Sumber berita ke-1
Judul berita: "ITS Surabaya Sabet Juara Umum Kontes Robot Indonesia 2020"
Baca Juga: Jawab Soal Poster 2 Potensi Pangan Lokal di Indonesia, Bahasa Indonesia Kelas XI Kurikulum Merdeka
Tanggal: 25 November 2020
Penulis: hyg/DAL
Kutipan paragraf: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil menjadi juara umum tingkat nasional pada Kontes Robot Indonesia (KRI) 2020.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, berharap kontes robot ini menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk menyalurkan gagasan, kreativitas, dan inovasi dalam menyelesaikan berbagai permasalahan dan tantangan di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan informasi dunia.
b. Sumber berita ke-2
Judul berita: "Kalahkan 67 Perguruan Tinggi, ITS Juara Umum Kontes Robot Indonesia"
Tanggal: 26 November 2020
Penulis: Ayunda Pininta Kasih
Kutipan paragraf: Di tengah pandemi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) sukses menyelenggarakan Kontes Robot Indonesia (KRI) Tahun 2020 melalui dalam jaringan (daring).
6. Bagaimana sikap kalian seandainya kalian menjadi anggota tim peserta kontes robot yang belum mendapatkan hasil sebagai juara.
Jawaban: Maka harus belajar dan bekerja keras lagi agar suatu saat nanti bisa mendapat juara.
Nah, demikian pembahasan soal Kegiatan 2 Memahami Isi Teks Berita pada Bab 2: 'Menyajikan Berita Inovasi yang Menghibur", bahasa Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka.
Tonton video ini, yuk!