Jawab Soal Ayo Cek Pemahaman pada Bab 8 Pemanasan Global: Konsep dan Solusi, IPA Kelas X Kurikulum Merdeka

By Rizky Amalia, Jumat, 25 Oktober 2024 | 10:00 WIB
(tangkapan layar) Terdapat soal Ayo Cek Pemahaman pada Bab 8 'Pemanasan Global: Konsep dan Solusi' pada halaman 199-201. (kemdikbud.go.id)

adjar.id - Pada artikel ini kita akan membahas soal yang terdapat pada buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas X Kurikulum Merdeka.

Terdapat soal Ayo Cek Pemahaman pada Bab 8 "Pemanasan Global: Konsep dan Solusi" pada halaman 199-201.

Pada soal Ayo Cek Pemahaman pada Bab 8 "Pemanasan Global: Konsep dan Solusi" terdiri dari tiga soal A, B, C, dan D.

Untuk mengerjakan soal yang tersedia, Adjarian, dapat mencermati perintahnya terlebih dahulu, ya.

Berikut ini pembahasan soal Ayo Cek Pemahaman pada Bab 8 "Pemanasan Global: Konsep dan Solusi", IPA kelas X Kurikulum Merdeka.

Pembahasan Soal Ayo Cek Pemahaman pada Bab 8 "Pemanasan Global: Konsep dan Solusi"

A. Amatilah data berikut ini.

1. Berdasarkan data di atas, berapakah suhu udara rata-rata normal untuk wilayah Indonesia?

Jawaban: Berdasarkan informasi pada grafik, suhu rata-rata normal untuk wilayah Indonesia adalah sebesar 26,3 derajat Celsius.

2. Pada tahun berapakah anomali suhu udara rata-rata paling ekstrem terjadi di wilayah Indonesia?

Jawaban: Kenaikan paling ekstrem terjadi kisaran tahun 1997-1998 dengan nilai peningkatan 1,2 derajat Celsius.

Baca Juga: Jawab Soal Aktivitas 8.2 Ayo Analisis pada Bab 8 'Pemanasan Global: Konsep dan Solusi', IPA Kelas X Kurikulum Merdeka

3. Tentukanlah rerata anomali suhu udara rata-rata dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Refleksikanlah apa yang telah terjadi di Indonesia dalam kurun waktu tersebut hingga terjadi anomali suhu udara rata-rata didukung dengan data-data dari sumber terpercaya.

Jawaban: Anomali suhu 10 tahun terakhir Rata-rata anomali suhu (0,5+0,8+0,6+0,3+0,2+0,8+0,1+0,3+0,2+0,3):10 = 0,41 derajat Celsius.

(tangkapan layar) Pembahasan soal Ayo Cek Pemahaman pada Bab 8 'Pemanasan Global: Konsep dan Solusi', IPA kelas X Kurikulum Merdeka. (kemdikbud.go.id)

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

Kalian telah membaca fakta bahwa es kutub telah banyak mencair. Mengapa informasi tersebut menjadi sangat penting bagi kita? Jelaskan pengaruh mencairnya es kutub terhadap Indonesia. Lengkapi penjelasan kalian dengan data dan fakta yang Kalian dapatkan dari sumber yang relevan.

Jawaban: Dampak pencairan es di kutub bagi Indonesia adalah banyaknya daratan-daratan yang hilang, sering terjadi banjir rob di daerah pesisir pantai, terganggunya ekosistem laut, dan lain-lain.

C. Pelajari penjelasan berikut ini.

Para peneliti mencoba melakukan penelitian mengenai pengaruh suhu terhadap jenis kelamin penyu hijau. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa suhu yang lebih hangat menyebabkan dihasilkan lebih banyak penyu betina sedangkan suhu dingin dihasilkan penyu jantan.

1. Tentukanlah benar atau salah pernyataan berikut.

Variabel bebas dalam penelitian ini adalah jenis kelamin penyu.

Jawaban: salah

Baca Juga: Jawab Soal Ayo Berlatih pada Bab 8 Pemanasan Global: Konsep dan Solusi, IPA Kelas X Kurikulum Merdeka

Peneliti akan memberikan berbagai perlakuan suhu yang berbeda saat telur dierami dalam pasir.

Jawaban: benar

Hasil penelitian ini akan digunakan sebagai dasar pembiakan penyu hijau.

Jawaban: benar

2. Prediksilah bagaimana jenis kelamin penyu pada tahun ini dibandingkan 20 tahun yang lalu. Mengapa?

Jawaban: Lebih banyak betina, jika suhu lingkungan terus meningkat.

D. Jawablah pertanyaan berikut!

1. Apa itu bencana hidrometeorologi? Berdasarkan cuplikan berita di atas, uraikanlah jumlah bencana yang termasuk ke dalam kategori bencana hidrometeorologi yang telah terjadi di awal tahun 2021.

Jawaban: Bencana hidrometeorologi adalah bencana yang dampaknya disebabkan oleh kondisi cuaca dan iklim dengan berbagai parameter, seperti peningkatan curah hujan, penurunan curah hujan, suhu ekstrem, cuaca ekstrem seperti hujan lebat yang disertai angin kencang serta kilat atau petir, dan lain sebagainya.

2. Perhatikanlah Gambar 8.15, terdapat grafik kejadian banjir dari tahun 2008 hingga Januari 2021 di Indonesia. Menurut kalian, adakah hubungan antara grafik pada Gambar 8.15 dengan grafik pada Gambar 8.14? Jelaskanlah jawaban kalian didukung dengan teori dan data terkait yang kalian dapatkan dari sumber terpercaya.

Jawaban: Pada tahun 2016, terlihat bahwa terjadi peningkatan suhu dari suhu yang sangat tajam berbanding lurus dengan banyaknya peristiwa banjir yang sedikit, yaitu 72 kejadian banjir.

Baca Juga: Jawab Soal Pengayaan pada Bab 7: 'Keanekaragaman Makhluk Hidup, Interaksi, dan Peranannya di Alam', IPA Kelas X

Nah, demikian pembahasan soal Ayo Cek Pemahaman pada Bab 8 "Pemanasan Global: Konsep dan Solusi", IPA kelas X Kurikulum Merdeka.

Tonton video ini, yuk!