Jawab Soal Ayo Berpikir Kritis pada Bab 2: 'Keragaman Hayati', Geografi Kelas XI Kurikulum Merdeka

By Rizky Amalia, Senin, 21 Oktober 2024 | 09:00 WIB
Pada buku Geografi kelas XI terdapat soal Ayo Berpikir Kritis pada Bab 2: 'Keragaman Hayati' di halaman 73. (Pexels/Pixabay)

adjar.id - Kali ini kita akan membahas soal dari buku Geografi kelas XI Kurikulum Merdeka.

Pada buku tersebut terdapat soal Ayo Berpikir Kritis pada Bab 2: "Keragaman Hayati" di halaman 73.

Soal Ayo Berpikir Kritis pada Bab 2: "Keragaman Hayati" terdiri dari empat pertanyaan.

Kita diperintahkan untuk mengerjakan soal yang tersedia dengan membaca artikel tentang jumlah gajah endemik Kalimantan tinggal tersisa sedikit.

Nah, soal yang tersedia dikerjakan dengan membentuk kelompok berpasangan dengan teman, ya, Adjarian.

Yuk, simak pembahasan soal Ayo Berpikir Kritis pada Bab 2: "Keragaman Hayati", Geografi kelas XI Kurikulum Merdeka berikut ini!

Pembahasan Soal Ayo Berpikir Kritis pada Bab 2: "Keragaman Hayati"

Jumlah gajah endemik Kalimantan tinggal tersisa sedikit. Jumlah fauna tersebut diperkirakan hanya 30-80 ekor saja. International Union for Conservation of Nature (IUCN) pun menetapkan gajah Kalimantan dalam status spesies yang terancam punah atau genting. Meskipun populasinya tinggal sedikit, keberadaan gajah tersebut tetap berarti bagi keanekaragaman hayati Indonesia. Penyebab utama menurunnya populasi fauna tersebut adalah habitatnya yang semakin berkurang atau menyempit. Selain itu, sikap dan perilaku manusia yang kurang bersahabat dan memburu fauna tersebut.

1. Bentuklah kelompok berpasangan dengan temanmu. Kemudian lakukan diskusi untuk menjawab pertanyaan berikut.

2. Apa sebenarnya permasalahan yang disajikan dalam artikel tersebut?

Jawaban: Permasalahan yang disajikan dalam artikel tersebut adalah habitat gajah Kalimantan yang masuk dalam wilayah "Heart of Borneo" atau wilayah inisiatif.

Baca Juga: Jawab Soal Asesmen Pengetahuan/Evaluasi Bab 1, No. 11-15, Geografi Kelas XI Kurikulum Merdeka

Wilayah inisiatif sendiri terdiri dari negara Indonesia, Brunei Darussalam, dan Malaysia sebagai upaya untuk menjaga lingkungan.

Walaupun jumlah populasinya lebih sedikit dibanding gajah di negara tetangga, tetapi keberadaan gajah Kalimantan di Indonesia tetap berarti.

Adanya gajah Kalimantan menambah keanekaragaman hayati yang dimiliki oleh negara Indonesia.

Maka dari itu, habitat gajah Kalimantan harus dipertahankan di tengah ancaman kepada habitat asli mereka.

(tangkapan layar) Pembahasan soal Ayo Berpikir Kritis pada Bab 2: 'Keragaman Hayati', Geografi kelas XI Kurikulum Merdeka. (kemdikbud.go.id)

3. Faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab terjadinya masalah tersebut?

Jawaban: Faktor yang menyebabkan terjadinya masalah habitat gajah Kalimantan, yaitu:

- Maraknya aktivitas manusia yang membuat penyusutan dan gangguan terhadap habitat gajah.

- Pengembangan perkebunan kepala sawit.

- Pengembangan hutan tanaman industri.

Faktor tersebut mempersempit habitat gajah Kalimantan sehingga satwa tersebut sulit mencari makan.

Baca Juga: Jawab Soal Asesmen Pengetahuan/Evaluasi Bab 1, No. 6-10, Geografi Kelas XI Kurikulum Merdeka

4. Lengkapi argumentasi kalian dengan data yang dapat kalian gali dari berbagai sumber, baik offline maupun online.

Jawaban: Jika gajah tidak ada, maka sumber air dan pohon-pohon baru juga tidak akan ada.

Hal tersebut kemudian berdampak bagi ekosistem hutan yang akan terganggu, rusak, dan terancam hilang.

5. Buatlah kesimpulan secara induktif berdasarkan telaah yang telah kalian lakukan!

Jawaban: Populasi gajah Kalimantan terus berkurang karena adanya kerusakan hutan lindung.

Maka diperkirakan saat ini hanya terdapat 30 sampai 80 ekor yang masih hidup di hutan Kabupaten Malinau dan Nunukan.

Hal tersebut membuat gajah Kalimantan dalam status spesies yang terancam punah.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kawasan hutan lindung sebagai habitat gajah Kalimantan.

Nah, itulah pembahasan soal Ayo Berpikir Kritis pada Bab 2: "Keragaman Hayati", Geografi kelas XI Kurikulum Merdeka.

Tonton video ini, yuk!