10 Sebutan atau Istilah Jatuh dalam Bahasa Indonesia dan Artinya

By Rizky Amalia, Sabtu, 19 Oktober 2024 | 15:00 WIB
Kata-kata bermakna dasar jatuh mempunyai arti yang hampir sama, tetapi dalam pemakaiannya berbeda. (Pexels/Tim Grundtner)

adjar.id - Tahukah Adjarian? Dalam bahasa Indonesia ada beragam sebutan atau istilah jatuh, lo.

Pada artikel ini kita akan mempelajari tentang sebutan jatuh dalam bahasa Indonesia serta artinya.

Jatuh adalah suatu peristiwa di mana seseorang mengalami jatuh dengan atau tanpa disaksikan oleh orang lain, tidak disengaja atau tidak direncanakan.

Sementara menurut KBBI, jatuh ialah (terlepas dan) turun atau meluncur ke bawah dengan cepat karena gravitasi bumi (baik ketika masih dalam gerakan turun maupun sesudah sampai ke tanah dan sebagainya)

Kata-kata bermakna dasar jatuh mempunyai arti yang hampir sama, tetapi dalam pemakaiannya berbeda.

Bahasa Indonesia adalah bahasan persatuan yang menjadi identitas bangsa Indonesia.

Bahasa Indonesia berakar dari bahasa Melayu yang telah lama digunakan sebagai bahasa perdagangan dan komunikasi antaretnis di wilayah Asia Tenggara.

Pada tahun 1928, dalam peristiwa Sumpah Pemuda, para pemuda Indonesia secara resmi mengangkat bahasa Melayu menjadi bahasa persatuan yang kemudian dikenal sebagai bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia menggunakan sistem tata bahasa yang relatif sederhana dibandingkan dengan beberapa bahasa lain.

Tidak ada perubahan bentuk kata kerja berdasarkan waktu atau subjek, dan struktur kalimatnya cenderung mudah dipelajari.

O iya, bahasa Indonesia telah banyak menyerap kosakata dari berbagai bahasa lain, termasuk bahasa Sanskerta, Arab, Belanda, Portugis, Inggris,Tionghoa, dan Italia.

Baca Juga: 30 Sebutan atau Istilah Jatuh dalam Bahasa Sunda serta Artinya