Menjelaskan Paham Kebangsaan dan Nasionalisme dalam Hubungan dengan Menjaga Keutuhan NKRI, PPKn Kelas X

By Rizky Amalia, Senin, 14 Oktober 2024 | 12:00 WIB
Paham kebangsaan adalah kesadaran dan rasa cinta terhadap tanah air, serta komitmen terhadap nilai-nilai yang membentuk identitas suatu bangsa. (Pexels/Tom Fisk)

adjar.id - Bagaimana menjelaskan paham kebangsaan dan nasionalisme dalam hubungan dengan menjaga keutuhan NKRI?

Kali ini kita akan mempelajari tentang paham kebangsaan dan nasionalisme dalam hubungan dengan menjaga keutuhan NKRI, materi PPKn kelas X Kurikulum Merdeka.

Paham kebangsaan dan nasionalisme merupakan dua konsep yang penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kedua konsep ini menjadi fondasi utama untuk menjaga keutuhan bangsa di tengah keragaman suku, agama, budaya, dan bahasa yang ada di Indonesia.

Paham kebangsaan adalah kesadaran dan rasa cinta terhadap tanah air, serta komitmen terhadap nilai-nilai yang membentuk identitas suatu bangsa.

Di Indonesia, paham kebangsaan mencakup pemahaman mendalam tentang sejarah, budaya, dan karakteristik Indonesia sebagai negara dengan keragaman etnis dan budaya yang tinggi.

Nasionalisme merupakan sikap politik, sosial, dan budaya yang ditandai oleh kecintaan terhadap negara, serta upaya untuk mempertahankan kedaulatan dan integritasnya.

Nasionalisme di Indonesia mencakup komitmen untuk menjaga persatuan dalam keragaman (Bhinneka Tunggal Ika) serta menghormati dasar-dasar negara yang tercantum dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Yuk, kita pelajari sama-sama bagaimana menjelaskan paham kebangsaan dan nasionalisme dalam hubungan dengan menjaga keutuhan NKRI, materi PPKn kelas X!

"Paham kebangsaan berperan besar dalam menciptakan rasa persatuan di tengah masyarakat yang majemuk."

Paham Kebangsaan dan Nasionalisme dalam Hubungan dengan Menjaga Keutuhan NKRI

1. Persatuan dalam Keragaman (Bhinneka Tunggal Ika)

Baca Juga: Apa Makna Filosofis dari Paham Kebangsaan dan Nasionalisme terhadap Bangsa? Materi PPKn Kelas X