Fase-Fase Perkembangan Antropologi, Materi Antropologi Kelas XI Kurikulum Merdeka

By Rizky Amalia, Jumat, 11 Oktober 2024 | 07:00 WIB
Antropologi adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang manusia, baik dari keanekaragaman karakteristik fisik maupun kebudyaan yang dihasilkannya. (Pexels/Victor Freitas)

adjar.id - Apa saja fase-fase perkembangan antropologi?

Kali ini kita akan mempelajari tentang fase-fase perkembangan antropologi, materi Antropologi kelas XI Kurikulum Merdeka.

Antropologi adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang manusia, baik dari keanekaragaman karakteristik fisik maupun kebudayaan yang dihasilkannya.

Nah, antropologi mengkaji tentang masalah sejarah terjadinya aneka warna bahasa yang diucapkan manusia di seluruh dunia.

Selain itu juga mengkaji masalah perkembangan, penyebaran, dan terjadinya aneka warna kebudayaan manusia di seluruh dunia.

O iya, antropologi tidak hanya tertarik pada masyarakat modern, tetapi juga masyarakat tradisional yang lebih kecil dan terpencil.

Antropologi terus relevan dalam memahami berbagai isu kontemporer.

Antropolog kini mempelajari fenomena modern seperti globalisasi, migrasi, perubahan iklim, dan teknologi digital.

Mereka membantu masyarakat dan pemerintah memahami bagaimana perkembangan-perkembangan ini memengaruhi identitas budaya, hubungan sosial, dan perubahan dalam masyarakat.

Tidak hanya itu saja, antropologi juga digunakan untuk memahami konflik etnis, masalah kesehatan, pembangunan berkelanjutan, dan isu-isu hak asasi manusia di berbagai belahan dunia.

Sebagian besar antropolog meyakini bahwa antropologi muncul sebagai satu cabang keilmuan yang jelas batasannya dengan ilmu-ilmu lain sejak abad ke-19.

Baca Juga: Implementasi Pembelajaran Antropologi dalam Kehidupan Sehari-hari, Materi Antropologi Kelas XI