Mengapa Penghargaan Atas Kebudayaan Masyarakat Lain Harus Dilakukan? PPKn Kelas X

By Rizky Amalia, Sabtu, 5 Oktober 2024 | 10:30 WIB
Kebudayaan bukan hanya tentang cara kita berpakaian atau berbicara, tetapi juga mencerminkan cara pandang kita terhadap dunia. (pexels/Min An)

adjar.id - Mengapa penghargaan atas kebudayaan masyarakat lain harus dilakukan?

Kali ini kita akan mempelajari tentang mengapa penghargaan atas kebudayaan masyarakat lain harus dilakukan, materi PPKn kelas X Kurikulum Merdeka.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita hidup di tengah masyarakat yang sangat beragam.

Keragaman ini meliputi suku, agama, adat istiadat, bahasa, dan kebudayaan.

Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk saling menghargai kebudayaan masyarakat lain.

Kebudayaan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia yang mencakup segala bentuk perilaku, adat istiadat, nilai-nilai, norma, dan tradisi yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Kebudayaan bukan hanya tentang cara kita berpakaian atau berbicara, tetapi juga mencerminkan cara pandang kita terhadap dunia.

Nah, masyarakat di berbagai belahan dunia memiliki latar belakang yang berbeda, maka kebudayaan mereka pun beragam.

Kebudayaan masyarakat lain merujuk pada seluruh nilai, tradisi, kebiasaan, dan norma yang dimiliki oleh kelompok atau komunitas yang berbeda dari kelompok kita sendiri.

Setiap masyarakat memiliki budaya yang berkembang berdasarkan lingkungan, sejarah, dan sistem kepercayaan yang dianutnya.

Budaya ini bisa mencakup berbagai aspek seperti bahasa, seni, musik, makanan, adat perkawinan, upacara keagamaan, hingga sistem sosial dan politik.

Baca Juga: Hasil Kebudayaan Masyarakat Indonesia pada Masa Islam