Pengertian Pariwisata Berkelanjutan serta Manfaatnya, Materi Geografi Kelas XI Kurikulum Merdeka

By Rizky Amalia, Rabu, 2 Oktober 2024 | 12:40 WIB
Pariwisata berkelanjutan ialah konsep yang semakin populer di Indonesia dan dunia. (pexels/Iqx Azmi)

adjar.id - Apa yang Adjarian ketahui tentang pariwisata berkelanjutan?

Pada artikel ini kita akan mempelajari tentang pengertian pariwisata berkelanjutan serta manfaatnya, materi Geografi kelas XI Kurikulum Merdeka.

Pariwisata berkelanjutan adalah konsep pengembangan pariwisata yang bertujuan untuk menjaga keseimbangan antara kebutuhan ekonomi, sosial, dan lingkungan, dengan tetap memelihara sumber daya alam dan budaya yang mendukung industri pariwisata.

Tujuan utama pariwisata berkelanjutan adalah memastikan bahwa destinasi wisata dapat bertahan dalam jangka panjang tanpa merusak lingkungan atau komunitas setempat.

Pariwisata berkelanjutan ialah konsep yang semakin populer di Indonesia dan dunia.

Nah, konsep ini menggabungkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dengan industri pariwisata untuk memastikan bahwa kegiatan pariwisata tidak hanya menguntungkan secara ekonomi, tetapi juga menjaga lingkungan.

Pariwisata berkelanjutan harus meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan, termasuk pengelolaan sumber daya alam yang bijak, pengurangan limbah, dan pelestarian keanekaragaman hayati.

Selain itu, pariwisata harus menghormati dan mendukung kebudayaan lokal, tradisi, serta nilai-nilai masyarakat setempat.

Pembangunan pariwisata harus bisa memanfaatkan sumber secara berkelanjutan dengan artian kegiatan-kegiatan yang dilakukan harus terhindar dari penggunaan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui (irreversible) secara berlebihan.

Hal tersebut didukung dengan keterkaitan lokal antara tahap perencanaan, pembangunan, dan pelaksanaan sehingga terwujud pembagian keuntungan yang adil.

Yuk, simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui apa saja manfaat pariwisata berkelanjutan, materi Geografi kelas XI Kurikulum Merdeka!

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Kelautan Berkelanjutan? Materi Geografi Kelas XI Kurikulum Merdeka