Apa Kaitan antara Diskriminasi dan Kebinekaan Bangsa? Materi PPKn Kelas XI Kurikulum Merdeka

By Rizky Amalia, Rabu, 2 Oktober 2024 | 08:30 WIB
Diskriminasi dapat muncul dalam berbagai bentuk, seperti, diskriminasi rasial, diskriminasi gender, dan diskriminasi agama. (Mikhail Nilov)

adjar.id - Apa kaitan antara diskriminasi dan kebinekaan bangsa?

Pada artikel ini kita akan mempelajari tentang kaitan antara diskriminasi dan kebinekaan bangsa, materi PPKn kelas XI Kurikulum Merdeka.

Diskriminasi adalah perlakuan yang tidak adil atau berbeda terhadap seseorang atau kelompok tertentu berdasarkan karakteristik seperti suku, agama, ras, atau etnis (SARA).

Tindakan ini muncul saat seseorang atau kelompok merasa superior atau memiliki stereotip negatif terhadap kelompok lain yang memengaruhi cara mereka memperlakukan orang lain.

Diskriminasi dapat muncul dalam berbagai bentuk, seperti diskriminasi rasial, diskriminasi gender, dan diskriminasi agama.

Diskriminasi rasial adalah perlakuan tidak adil berdasarkan ras atau etnis, sedangkan diskriminasi gender, yaitu perlakuan tidak adil berdasarkan jenis kelamin.

Sementara diskriminasi agama ialah perlakuan tidak adil berdasarkan keyakinan agama.

Dalam kehidupan sehari-hari, diskriminasi dapat terjadi dalam bentuk perilaku verbal, kebijakan yang tidak adil, atau bahkan tindakan kekerasan terhadap kelompok tertentu.

Kebinekaan budaya merupakan kekayaan yang tak ternilai dan menjadi identitas kuat bagi bangsa Indonesia.

Nah, kebinekaan budaya merujuk pada keberagaman budaya yang dimiliki oleh suatu bangsa.

Di Indonesia, kebinekaan ini tercermin dalam banyaknya suku bangsa, adat istiadat, bahasa daerah, agama, dan tradisi yang hidup berdampingan dalam satu negara.

Baca Juga: Apa yang Menyebabkan Terjadinya Diskriminasi? Materi PPKn Kelas XI Kurikulum Merdeka