Nilai-Nilai yang Dapat Diteladani dari Para Tokoh yang Terlibat dalam Peristiwa Sekitar Proklamasi, Materi Sejarah Kelas XI

By Rizky Amalia, Selasa, 1 Oktober 2024 | 09:30 WIB
Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 adalah tonggak sejarah penting bagi bangsa Indonesia. (dok. Kemdikbud)

adjar.id - Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 adalah tonggak sejarah penting bagi bangsa Indonesia.

Di balik keberhasilan peristiwa ini, terdapat peran penting dari berbagai tokoh yang memiliki nilai-nilai luhur yang patut kita teladani.

Beberapa nilai tersebut dapat kita pelajari dari peran para tokoh seperti Soekarno, Mohammad Hatta, Sutan Sjahrir, dan lainnya.

Proklamasi 17 Agustus 1945 ialah sebuah pernyataan tegas dari bangsa Indonesia yang tidak mau lagi berada di penindasan bang asing.

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan langsung oleh Soekarno dengan didampingi Mohammad Hatta di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta Pusat.

Nah, peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia melibatkan beberapa tokoh di dalamnya.

Masing-masing dari tokoh tersebut juga memiliki peranan penting, Adjarian.

Salah satunya adalah peranan Latief Hendraningrat dan Suhud pada saat Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 adalah sebagai pengibar bendera merah putih.

Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia memiliki makna yang mendalam untuk bangsa Indonesia.

Beragam cara ditempuh bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan seperti yang tercantum dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Kali ini kita akan mempelajari tentang nilai-nilai yang dapat diteladani dari para tokoh yang terlibat dalam peristiwa sekitar proklamasi. Yuk, kita pelajari sama-sama!

Baca Juga: Makna dari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Materi Sejarah Kelas XI Kurikulum Merdeka