Apa yang Dimaksud dengan Kelautan Berkelanjutan? Materi Geografi Kelas XI Kurikulum Merdeka

By Rizky Amalia, Senin, 30 September 2024 | 08:00 WIB
Kelautan berkelanjutan adalah konsep yang menekankan pentingnya menjaga ekosistem laut agar tetap seimbang dan dapat memenuhi kebutuhan manusia tanpa merusak lingkungan. (Pixabay)

adjar.id - Apa yang dimaksud dengan kelautan berkelanjutan?

Pada artikel ini kita akan mempelajari tentang apa itu kelautan berkelanjutan, materi Geografi kelas XI Kurikulum Merdeka.

Laut termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan luas total perairan mencapai 6.400.000 kilometer persegi.

Kelautan berkelanjutan adalah konsep yang menekankan pentingnya menjaga ekosistem laut agar tetap seimbang dan dapat memenuhi kebutuhan manusia tanpa merusak lingkungan.

Ini berarti bahwa sumber daya laut harus dimanfaatkan dengan bijak agar generasi mendatang masih dapat menikmatinya.

Kelautan berkelanjutan juga dipahami sebagai pendekatan yang bertujuan untuk mengelola sumber daya laut dengan cara yang ramah lingkungan, sosial, dan ekonomi.

Maka dapat memenuhi kebutuhan manusia saat ini tanpa merusak kemampuan laut untuk mendukung kehidupan di masa depan.

Tujuan kelautan berkelanjutan adalah menjaga kelangsungan ekosistem laut agar tetap sehat dan produktif.

Laut juga dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi bersih, seperti energi angin lepas pantai dan energi gelombang laut, yang dapat membantu mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Banyak negara menetapkan kawasan konservasi laut (Marine Protected Areas - MPA) di mana aktivitas penangkapan ikan dan eksploitasi sumber daya laut dibatasi untuk menjaga ekosistem yang rentan.

Yuk, kita pelajari sama-sama tentang pentingnya kelautan berkelanjutan, materi Geografi kelas XI Kurikulum Merdeka!

Baca Juga: 5 Manfaat Wisata Bahari