Jawab Soal Kegiatan 1 Membaca Karya Ilmiah, Bahasa Indonesia Kelas XI Kurikulum Merdeka

By Rizky Amalia, Kamis, 26 September 2024 | 12:00 WIB
(tangkapan layar) Terdapat soal Kegiatan 1 Membaca Karya Ilmiah di halaman 181. (kemdikbud.go.id)

adjar.id - Pada artikel ini kita akan membahas soal dari buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka.

Terdapat soal Kegiatan 1 Membaca Karya Ilmiah di halaman 181.

Nah, soal Kegiatan 1 Membaca Karya Ilmiah terdiri dari enam pertanyaan.

Kita diperintahkan untuk menjawab pertanyaan yang tersedia dengan membaca karya ilmiah "Karakteristik Vegetasi Habitat Orang Utan (Pongo pygmaeus morio) di Hutan Tepi Sungai Menamang, Kalimantan Timur" di halaman 181-196.

Karya ilmiah adalah tulian atau laporan tertulis yang memaparkan hasil penelitian atau kajian suatu masalah oleh seseorang atau kelompok dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan.

Salah satu tujuan karya ilmiah, yaitu untuk melatih keterampilan dasar dalam melakukan penelitian.

Manfaat karya ilmiah adalah menyumbang ilmu pengetahuan, pemberdayaan masyarakat, peningkatan kualitas pendidikan, serta inovasi dan perkembangan teknologi.

Yuk, simak pembahasan soal Kegiatan 1 Membaca Karya Ilmiah, bahasa Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka di bawah ini!

Pembahasan Soal Kegiatan 1 Membaca Karya Ilmiah

Instruksi: Sebelum mulai membaca karya ilmiah di bawah ini, bentuklah kelompok bersama 4-5 kawan kalian.

Untuk memudahkan memahami struktur karya ilmiah, perhatikan kata kunci berikut ini.

Baca Juga: Jawab Soal Kegiatan 2 Memahami Karya Ilmiah 'Status Kondisi Terumbu Karang di Teluk Ambon' No.3 Bahasa Indonesia Kelas XI

1. Apakah topik karya ilmiah ini? Penelitian atau pengamatan apakah yang dilakukan?

Jawaban: Topik karya ilmiah ini adalah komponen vegetasi habitat orang utan.

Komponen vegetasi ini meliputi keanekaragaman jenis, struktur, dan komposisi vegetasi di hutan tepi Sungai Menamang.

(tangkapan layar) Pembahasan soal Kegiatan 1 Membaca Karya Ilmiah, bahasa Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka. (kemdikbud.go.id)

2. Di manakah penelitian dilakukan?

Jawaban: Penelitian ini dilakukan di hutan tepi Sungai Menamang.

3. Apa tujuan penelitian ini?

Jawaban: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik dari vegetasi hutan tepi Sungai Menamang.

Karakteristik ini meliputi keanekaragaman jenis, struktur, dan komposisi vegetasinya.

4. Apakah hubungan penelitian ini dengan konservasi alam?

Jawaban: Penelitian yang dilakukan ini bisa menjadi salah satu alternatif dalam konservasi alam.

Baca Juga: Jawab Soal Kegiatan 2 Memahami Karya Ilmiah 'Status Kondisi Terumbu Karang di Teluk Ambon' No.2, Bahasa Indonesia Kelas XI

5. Pembahasan apa sajakah yang dilakukan?

Jawaban: Pembahasan yang dilakukan terkait dengan keanekaragaman jenis, struktur, dan komposisi vegetasi di hutan tepi Sungai Menamang.

6. Apa hasil simpulannya?

Jawaban: Keanekaragaman jenis pada tingkat semai masih tergolong sedang.

Berbeda dengan pohon me dan pancang mempunyai keanekaragaman jenis yang masih tinggi.

Indeks dari kemerataan jenis ini mempunyai nilai 0 sampai 1, baik di tingkat semai, panjang, dan pohon.

Vegetasi berdasarkan nilai INP tersusun dari jenis-jenis dominan, yaitu:

- Lagerstroemia speciosa pada tingkat pohon.

- Fordia splendidissima pada tingkat pancang.

- Pterospermum diversifolium pada tingkat semai.

Pohon-pohon yang ada di dalam hutan sendiri didominasi oleh pohon yang diameternya lebih dari 10 sampai 20 sentimeter dan tergolong tinggi.

Baca Juga: Jawab Soal Kegiatan 2 Memahami Karya Ilmiah 'Status Kondisi Terumbu Karang di Teluk Ambon' No.1, Bahasa Indonesia Kelas XI

Demikian pembahasan soal Kegiatan 1 Membaca Karya Ilmiah, bahasa Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka.

Tonton video ini, yuk!