Mengenal Pertanian Berkelanjutan serta Tujuan dan Manfaatnya, Materi Geografi Kelas XI

By Rizky Amalia, Sabtu, 21 September 2024 | 10:30 WIB
Pertanian berkelanjutan termasuk salah satu pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan. (Alejandro Barrón)

adjar.id - Apa yang Adjarian ketahui tentang pertanian berkelanjutan?

Pada artikel ini kita akan mempelajari tentang pertanian berkelanjutan serta tujuan dan manfaatnya, materi PPKn kelas XI Kurikulum Merdeka.

Pertanian berkelanjutan termasuk salah satu pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan.

Pertanian berkelanjutan merupakan pertanian yang berfokus pada produksi pangan yang sehat dan berkualitas tinggi.

Nah, pertanian berkelanjutan juga dipahami sebagai sistem pertanian yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan saat ini tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Sistem ini mengedepankan keseimbangan antara keberlanjutan lingkungan, kesejahteraan ekonomi petani, dan tanggung jawab sosial.

Dalam pertanian berkelanjutan, prinsip-prinsip ramah lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam yang bijaksana menjadi landasan penting agar proses produksi pertanian bisa berlangsung dalam jangka panjang.

Terdapat beberapa indikator dalam pertanian berkelanjutan.

Indikator tersebut di antaranya adalah pemeliharaan keanekaragaman genetik sistem pertanian, peningkatan siklus hidup biologis, kegiatan produksi dengan jumlah yang memadai dan bermutu, hingga pemeliharaan dan peningkatan kesuburan tanah untuk periode yang panjang.

Yuk, kita pelajari sama-sama tentang tujuan dan manfaat pertanian berkelanjutan, materi PPKn kelas XI Kurikulum Merdeka!

"Pertanian berkelanjutan adalah solusi penting untuk memastikan ketersediaan pangan yang cukup bagi generasi sekarang dan yang akan datang."

Baca Juga: 6 Faktor yang Memengaruhi Penentuan Lokasi Pertanian