5 Alasan Ilmu Antropologi Penting Dipelajari, Materi Antropologi Kelas XI Kurikulum Merdeka

By Rizky Amalia, Jumat, 20 September 2024 | 10:00 WIB
Ruang lingkup antropologi dibagi menjadi dua kategori, yaitu antropologi fisik dan antropologi budaya. ( Afta Putta Gunawan)

adjar.id - Apa alasan ilmu antropologi penting dipelajari?

Pada artikel ini kita akan mempelajari materi Antropologi kelas XI Kurikulum Merdeka tentang alasan mengapa ilmu antropologi penting untuk dipelajari.

Istilah antropologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu anthropos yang berarti orang atau manusia dan logos berarti ilmu atau nalar.

Menurut KBBI, antropologi adalah ilmu tentang manusia, khususnya mengenai asal-usul, warna dan bentuk fisik, adat istiadat, serta kepercayaannya pada masa lampau.

Nah, pengertian antropologi ialah suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dari evolusi, perilaku komunikasi, sosialisasi, hingga adaptasi.

Ruang lingkup antropologi dibagi menjadi dua kategori, yaitu antropologi fisik dan antropologi budaya.

Antropologi fisik berfokus pada pembelajaran manusia sebagai organisme biologis yang melacak perkembangan manusia menurut evolusinya.

Sementara antropologi budaya berfokus pada pembelajaran mengenai kebudayaan manusia ataupun cara hidupnya dalam masyarakat.

Yuk, kita pelajari sama-sama alasan mengapa ilmu antropologi penting untuk dipelajari, materi Antropologi kelas XI!

"Sebagai sebuah ilmu, antropologi mempelajari tentang segala aspek manusia dari sejarah evolusi manusia, hingga praktik sosial budaya dalam perilaku."

Alasan Ilmu Antropologi Penting Dipelajari

1. Menemukan Wawasan Menarik tentang Kemanusiaan

Baca Juga: Bagaimana Konsep Dasar Antropologi sebagai Ilmu Pengetahuan? Materi Antropologi Kelas XI