Apakah Semua Peristiwa yang Terjadi dalam Masyarakat dapat Dikategorikan sebagai Perubahan Sosial? Sosiologi Kelas XI

By Rizky Amalia, Kamis, 19 September 2024 | 08:00 WIB
Perubahan sosial mengacu pada perubahan dalam struktur sosial, nilai, norma, perilaku, dan kebudayaan yang terjadi dalam suatu masyarakat. (Pexels.com)

adjar.id - Apakah semua peristiwa yang terjadi dalam masyarakat dapat dikategorikan sebagai perubahan sosial?

Kali ini kita akan mempelajari tentang apakah semua peristiwa yang terjadi dalam masyarakat dapat dikategorikan sebagai perubahan sosial, materi Sosiologi kelas XI Kurikulum Merdeka.

Perubahan sosial mengacu pada perubahan dalam struktur sosial, nilai, norma, perilaku, dan kebudayaan yang terjadi dalam suatu masyarakat.

Perubahan ini bisa bersifat kecil maupun besar, cepat ataupun lambat, tetapi yang paling penting adalah bahwa perubahan sosial harus bersifat signifikan dan berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat secara luas.

Nah, perubahan sosial bisa terjadi pada individu, kelompok masyarakat, maupun lembaga-lembaga yang dapat memengaruhi sistem sosial, termasuk nilai, adat, budaya, hingga sikap dan perilaku dalam masyarakat.

Perlu diketahui bahwa perubahan sosial dapat membawa beberapa dampak, baik dampak positif maupun dampak negatif.

Dampak positif dari perubahan sosial ialah meningkatkan taraf hidup masyarakat, kemajuan teknologi di beragam bidang kehidupan, dan terciptanya stabilitas politik.

Sementara dampak negatifnya adalah adanya disintegrasi sosial, terjadinya culture shock, serta lunturnya nilai dan norma di masyarakat.

Perlu diketahui bahwa terjadinya perubahan sosial juga disebabkan oleh adanya beberapa faktor pendorong, yaitu faktor internal dan eksternal.

Yuk, kita pelajari sama-sama apakah semua peristiwa yang terjadi dalam masyarakat dapat dikategorikan sebagai perubahan sosial, materi Sosiologi kelas XI Kurikulum Merdeka!

"Perubahan sosial bisa diartikan sebagai modifikasi dalam sistem masyarakat yang berlangsung lama secara bertahap ataupun relatif cepat."

Baca Juga: 6 Faktor Penghambat Terjadinya Perubahan Sosial dalam Masyarakat