Bagaimana Konsep Dasar Antropologi sebagai Ilmu Pengetahuan? Materi Antropologi Kelas XI

By Rizky Amalia, Rabu, 18 September 2024 | 10:00 WIB
Dalam ilmu antropologi kita juga bisa mempelajari aspek-aspek lain, seperti kehidupan politik, ekonomi, dan hukum. (Kaique Rocha)

adjar.id - Bagaimana konsep dasar antropologi sebagai ilmu pengetahuan?

Kali ini kita akan mempelajari tentang konsep dasar antropologi sebagai ilmu pengetahuan, materi Antropologi kelas XI Kurikulum Merdeka.

Pada Bab 1:"Pengantar Antropologi" kita akan mempelajari pengatar ilmu antropologi, sejarah perkembangan antropologi, prinsip dasar antropologi, dan implementasi pembelajaran antropologi dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

Secara etimologi, antropologi berasal dari kata anthropos yang berarti manusia dan logos yang artinya ilmu pengetahuan.

Menurut Koentjaraningrat, pengertian antropologi ialah sebuah ilmu yang membahas tentang manusia di mana titik fokusnya dilihat dari bentuk fisik, masyarakat, serta kebudayaan yang dihasilkan.

Antropologi juga dipahami ilmu yang mengkaji manusia sebagai bagian dari masyarakat yang plural dan bertujuan untuk membangun masyarakat tersebut.

Nah, antropologi berkaitan dengan segala masyarakat sehingga tidak heran jika fokus kajian ini tidak hanya membahas mengenai kebudayaan dan ciri masyarakatnya.

O iya, dalam ilmu antropologi kita juga bisa mempelajari aspek-aspek lain, seperti kehidupan politik, ekonomi, dan hukum.

Yuk, simak informasi berikut ini untuk mempelajari tentang konsep dasar antropologi sebagai ilmu pengetahuan, materi Antropologi kelas XI Kurikulum Merdeka!

"Antropologi merupakan ilmu yang berusaha mempelajari manusia dengan keseluruhan hidupnya, tingkah laku, kebiasaan, kebudayaan yang dihasilkan, serta sifat-sifat yang dimilikinya."

Konsep Dasar Antropologi sebagai Ilmu Pengetahuan

Antropologi memiliki ruang lingkup yang cukup luas, dikarenakan ilmu ini tidak hanya berfokus pada aspek sosial saja, tetapi juga berfokus pada kehidupan humaniora.

Baca Juga: Manfaat Mempelajari Antropologi, Materi Antropologi Kelas XI Kurikulum Merdeka