Bagaimana Pengaruh Perkembangan Politik Global Kemerdekaan Indonesia? Materi Sejarah Kelas XI Kurikulum Merdeka

By Rizky Amalia, Selasa, 17 September 2024 | 09:00 WIB
(tangkapan layar) Pada masa awal abad ke-20, dinamika politik global sangat mempengaruhi pergerakan menuju kemerdekaan Indonesia. (kemdikbud.go.id)

adjar.id - Bagaimana pengaruh perkembangan politik global kemerdekaan Indonesia, Adjarian?

Kali ini kita akan mempelajari tentang pengaruh perkembangan politik global kemerdekaan Indonesia, materi Sejarah kelas XI Kurikulum Merdeka.

Pada masa awal abad ke-20, dinamika politik global sangat mempengaruhi pergerakan menuju kemerdekaan Indonesia.

Beberapa peristiwa dunia, seperti Perang Dunia I dan II, revolusi negara-negara di Asia dan Afrika, serta berkembangnya paham-paham baru.

Mulai dari nasionalisme, sosialisme, dan demokrasi, memainkan peran penting dalam membentuk arah perjuangan Indonesia.

Menjelang akhir pendudukannya di Indonesia, Jepang melalui Perdana Menteri Kuniaki Koiso, berjanji akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia.

Janji yang disampaikan pada 7 September 1944 ini dikenal sebagai "Janji Koiso" dan bertujuan untuk mendapatkan dukungan rakyat Indonesia.

Setelah janji ini, pengawasan Jepang terhadap tokoh nasional mulai dilonggarkan, meski kemerdekaan akhirnya harus diperjuangkan sendiri oleh bangsa Indonesia.

Proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 terjadi beberapa hari setelah Jepang menyerah kepada Sekutu dalam Perang Dunia II.

Jepang mengalami kekalahan besar di berbagai wilayah Asia, termasuk di Tarakan dan Balikpapan, yang dihancurkan oleh serangan Sekutu.

Kekalahan ini mendorong Jepang untuk menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia.

Baca Juga: Penjajahan Jepang di Berbagai Wilayah di Indonesia, Materi Sejarah Kelas XI Kurikulum Merdeka