5 Contoh Barang Tambang yang Berwujud Gas, Materi Geografi Kelas XI Kurikulum Merdeka

By Rizky Amalia, Rabu, 11 September 2024 | 13:00 WIB
Sumber daya pertambangan merupakan kekayaan alam yang ditemukan di dalam bumi dan memiliki nilai ekonomis tinggi. (Tom Fisk)

adjar.id - Berdasarkan wujudunya, barang tambang dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu padat, cair, dan gas.

Nah, kali ini kita akan mempelajari tentang contoh barang tambang yang berwujud gas, materi Geografi kelas XI Kurikulum Merdeka.

Sumber daya pertambangan merupakan kekayaan alam yang ditemukan di dalam bumi dan memiliki nilai ekonomis tinggi, Adjarian.

Pertambangan ialah kegiatan pengambilan endapan bahan galian berharga dan bernilai ekonomis dari dalam kulit bumi, secara mekanis maupun manual yang terletak di permukaan, di bawah permukaan bumi, dan di bawah permukaan air.

Menurut UU No. 4 Tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batu bara, pertambangan adalah tahapan kegiatan penelitian, pengelolaan, dan pengusahaan mineral atau batu bara yang meliputi penyelidikan umum, eksplorasi, studi kelayakan, konstruksi, penambangan, pengolahan, dan pemurnian, pengangkutan dan penjualan serta kegiatan pasca tambang.

Sumber daya ini meliputi berbagai jenis mineral, logam, dan bahan bakar yang menjadi bahan baku penting untuk industri, energi, dan berbagai keperluan kehidupan modern.

Bahan bakar fosil seperti minyak, gas, dan batu bara merupakan sumber energi utama yang mendukung aktivitas industri dan rumah tangga.

Sumber daya seperti batu bara, semen, dan bahan bangunan lainnya sangat penting untuk pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan, gedung, dan perumahan.

Yuk, kita cari tahu sama-sama apa saja contoh barang tambang yang berwujud gas, ya!

"Salah satu sumber daya alam di Indonesia adalah sumber daya pertambangan yang ditemukan di dalam bumi dan memiliki nilai ekonomis tinggi."

Contoh Barang Tambang yang Berwujud Gas

1. Minyak Bumi

Baca Juga: 4 Tahap Kegiatan Pertambangan, Materi Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Kurikulum Merdeka