Penjajahan Jepang di Berbagai Wilayah di Indonesia, Materi Sejarah Kelas XI Kurikulum Merdeka

By Rizky Amalia, Rabu, 11 September 2024 | 12:00 WIB
Jepang membubarkan pemerintahan kolonial Belanda dan menggantinya dengan sistem pemerintahan militer yang lebih ketat. (Grantuking)

adjar.id - Bagaimana penjajahan Jepang di berbagai wilayah di Indonesia?

Pada artikel ini kita akan mempelajari tentang penjajahan Jepang di berbagai wilayah di Indonesia, materi Sejarah kelas XI Kurikulum Merdeka.

Penjajahan Jepang di Indonesia berlangsung dari tahun 1942 hingga 1945, menggantikan kekuasaan Belanda yang sudah berkuasa selama lebih dari tiga abad.

Masa pendudukan ini memberikan dampak besar pada berbagai aspek kehidupan di Indonesia, baik dalam bidang politik, ekonomi, sosial, maupun militer.

Pendudukan Jepang di Indonesia dimulai pada 8 Maret 1942, setelah pasukan Jepang berhasil mengalahkan Belanda dalam Perang Dunia II.

Kekalahan Belanda dipercepat oleh serangan Jepang yang sangat cepat dan taktis di Asia Tenggara, termasuk Indonesia yang saat itu dikenal sebagai Hindia Belanda.

Jepang masuk ke Indonesia dengan tujuan menguasai sumber daya alam yang kaya, terutama minyak, karet, dan bahan tambang lainnya, yang sangat dibutuhkan untuk mendukung perang di Asia Pasifik.

Jepang menjanjikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia sebagai bagian dari propaganda mereka untuk menarik simpati dan dukungan dari rakyat Indonesia.

Meski pada kenyataannya, penjajahan Jepang tidak jauh berbeda dalam hal eksploitasi dan kekerasan dibandingkan masa kolonial Belanda.

Berikut ini merupakan penjajahan Jepang di berbagai wilayah di Indonesia, materi Sejarah kelas XI Kurikulum Merdeka.

"Jepang membubarkan pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia dan menggantinya dengan sistem pemerintahan militer yang lebih ketat."

Baca Juga: Alasan Jepang Melakukan Ekspansi ke Wilayah Asia Timur Raya, Materi Sejarah Kelas XI Kurikulum Merdeka