Bagaimana Jati Diri Bangsa Indonesia dalam Bidang Pendidikan? Materi PPKn Kelas X

By Rizky Amalia, Jumat, 30 Agustus 2024 | 11:30 WIB
Setiap bangsa tentu mempunyai jati diri masing-masing termasuk bangsa Indonesia. (unsplash/Bisma Mahendra)

adjar.id - Bagaimana jati diri bangsa Indonesia dalam bidang pendidikan?

Pada artikel ini kita akan mempelajari tentang jati diri bangsa Indonesia dalam bidang pendidikan, materi PPKn kelas X Kurikulum Merdeka.

Setiap bangsa tentu mempunyai jati diri masing-masing termasuk bangsa Indonesia.

Kebudayaan Indonesia menyimpan nilai-nilai yang menjadi jati diri bangsa sendiri.

Nah, pendidikan di Indonesia tidak hanya berfokus pada pengembangan kemampuan akademis, tetapi juga pada pembentukan moral dan nilai-nilai budaya.

Jati diri bangsa adalah identitas suatu bangsa yang menjadi pemicu semangat kesinambungan hidup bangsa yang bersangkutan.

O iya, jati diri bangsa Indonesia ialah identitas bangsa Indonesia yang menjadi pemberi semangat demi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

Jati diri bangsa Indonesia dalam bidang pendidikan tercermin dari nilai-nilai budaya, karakter, dan semangat kebangsaan yang terus dipelihara dalam sistem pendidikan nasional.

Pendidikan di Indonesia tidak hanya bertujuan untuk mencetak individu yang cerdas secara intelektual, tetapi juga yang berkarakter, memiliki moral yang baik, dan cinta tanah air.

Berikut adalah pembahasan lengkap tentang jati diri bangsa Indonesia dalam bidang pendidikan, apa saja?

"Jati diri bangsa dipahami sebagai identitas suatu bangsa yang menjadi pemicu semangat kesinambungan hidup bangsa yang bersangkutan."

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Identitas atau Jati Diri, Materi PPKn Kelas X