Jawab Soal Kegiatan 3 Cerpen 'Hatarakibachi' Karya Awit Radiani, Bahasa Indonesia Kelas XI

By Rizky Amalia, Selasa, 27 Agustus 2024 | 09:00 WIB
(tangkapan layar) Terdapat soal Kegiatan 3 Cerpen 'Hatarakibachi' karya Awit Radiani di halaman 116. (kemdikbud.go.id)

adjar.id - Kali ini kita akan membahas soal dari buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka.

Terdapat soal Kegiatan 3 Cerpen "Hatarakibachi" karya Awit Radiani di halaman 116.

O iya, soal Kegiatan 3 Cerpen "Hatarakibachi" Karya Awit Radiani terdiri dari 8 pertanyaan.

Berikut ini pembahasan soal Kegiatan 3 Cerpen "Hatarakibach" karya Awit Radiani, bahasa Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka.

Pembahasan Soal Kegiatan 3 Cerpen "Hatarakibachi" Karya Awit Radiani

Instruksi: Untuk lebih memahami tokoh, penokohan, tema, dan pesan dalam cerpen di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Temukan arti kosakata di bawah ini dengan menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia.

a. landmarkb. kuratorc. asperger syndromd. eksentrike. etos

Jawaban: a. landmark: bangunan atau fitur lanskap yang menandai suatu situs atau lokasi.

b. Kurator: Orang yang mengelola atau mengawasi sesuatu yang berkaitan dengan koleksi museum, perpustakaan, dan lain-lain.

c. Asperger syndrom: Belum ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia, tetapi dapat diartikan bahwa asperger syndrom adalah gangguan perkembangan yang memengaruhi kemampuan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi secara efektif.

Baca Juga: Jawab Soal Pembahasan Puisi 'Aku Ingin' Karya Sapardi Djoko Damono, Bahasa Indonesia Kelas XI

d. Eksentrik: Aneh; ganjil; tidak wajar

e. Etos: Pandangan hidup yang khas dari suatu golongan sosial

(tangkapan layar) Pembahasan soal Kegiatan 3 Cerpen 'Hatarakibach' karya Awit Radiani, bahasa Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka. (kemdikbud.go.id)

2. Temukan tokoh utama dan tokoh pendukung dalam cerpen di atas. Kemudian, jelaskan mengenai tokoh dan penokohannya dalam tabel berikut.

Jawaban: Tokoh utama cerper tersebut adalah Nina-chan.

Tokoh pendukung di cerpen itu adalah Satoshi dan Endo. Satoshi merupakan orang Jepang yang menjadi panitia kongres seni budaya.

Sedangkan Endo adalah orang jepang yang bekerja sebagai perupa yang menderita asperger syndrome, penyakit yang senang menyendiri dan suka melakukan hal eksentrik. Endo juga pintar merayu dan terobsesi kepada serangga.

a. Tokoh: Nina-chan

Penokohan : Nina-chan sebagai tokoh utama adalah seseorang yang memiliki sifat yang ramah terhadap orang, dia juga mudah bergaul, pintar dan juga suka bercanda

b. Tokoh: Endo

Penokohan: Endo, seseorang yang tidak teguh pendirian, dia juga suka menyendiri, pintar merayu dan suka melakukan tindakan yang eksentrik

Baca Juga: Jawab Soal Kegiatan 4 Perbedaan Cerpen dan Puisi 'Malaikat Juga Tahu' Karya Dee Lestari, Bahasa Indonesia Kelas XI

c. Tokoh: Satoshi-san

Penokohan: Satoshi-san, seseorang yang peduli dengan sekitar.

3. Mengapa Nina-chan merasa ia kurang layak untuk hadir pada kongres budaya itu?

Jawaban: Nina-chan merasa tidak percaya diri dan merasa kurang layak karena merasa karya belum apa-apa dan menurutnya banyak yang lebih berpengalaman dari dirinya.

Nina kurang percaya diri karena merasa masih banyak seniman yang lebih besar di negara asalnya dan punya banyak jam terbang. Sedangkan dia hanyalah seniman kecil yang belum dianggap di negara asalnya.

4. Benarkah kecurigaan Nina-chan bahwa Endo melakukan rekayasa agar Nina-chan terpilih? Jelaskan alasan dari jawaban kalian.

Jawaban: Kecurigaan Nina-chan bahwa Endo melakukan rekayasa, karena terbukti ada omongan Endo dan Satoshi yang berbeda.

Edo melakukan rekayasa agar Nina-chan terpilih, karena Edo sendiri ingin berjumpa dengan Nina-chan.

Maka ia melakukan rekayasa agar Nina-chan pergi pada kongres. Edo dibantu oleh Satoshi-san untuk melancarkan aksinya.

5. Di manakah latar dari cerpen di atas? Jelaskan alasan yang mendukung jawaban kalian.

Jawaban: Pada umumnya latar cerpen di atas umumnya ada di negara Jepang, seperti di bandara, stasiun, hotel.

Baca Juga: Jawab Soal Kegiatan 2 Cerpen 'Malaikat Juga Tahu' Karya Dee Lestari No.2, Bahasa Indonesia Kelas XI

Hal itu juga terlihat di dalam cerpen sebutan tempat maupun makanan yang biasanya dijumpai di negara matahari terbit tersebut.

6. Sudut pandang apakah (orang pertama atau orang ketiga) yang digunakan pencerita? Jelaskan alasan dari jawaban kalian.

Jawaban: Sudut pandang yang digunakan pada cerpen ini adalah mengambil pandangan orang pertama, yaitu Nina-chan yang menceritakan pengalamannya selama perjalanan menuju Jepang hingga bertemu dengan Endo.

7. Sebutkan tema yang diusung dalam cerpen tersebut.

Jawaban: Tema cerita itu adalah percintaan.

Alasannya karena dalam cerira ini menceritakan tentang ingin menunjukkan sosok lelaki yang terkadang tidak setia dan hanya peduli pada keinginannya. Hal itu terlihat dari sosok Endo.

8. Sebutkan salah satu pesan atau amanat dari cerpen di atas.

Jawaban: Salah satu amanat dari cerpen itu adalah perlunya sikap hati-hati terhadap pria yang hanya seperti 'kutu loncat' yang mementingkan cintanya yang sesaat.

Nah, demikian pembahasan soal Kegiatan 3 Cerpen "Hatarakibachi" Karya Awit Radiani, bahasa Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka.

Tonton video ini, yuk!