adjar.id - Kali ini kita akan membahas soal dari buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas X Kurikulum Merdeka.
Terdapat soal Ayo Cek Pemahaman pada Bab 2: "Virus dan Peranannya" di halaman 51-53.
Soal Ayo Cek Pemahaman pada Bab 2: "Virus dan Peranannya" terdiri dari empat nomor yang berbentuk esai.
Untuk menjawab soal yang tersedia, Adjarian bisa membaca materi Bab 2: "Virus dan Peranannya" terlebih dahulu, ya.
Berikut ini merupakan pembahasan soal Ayo Cek Pemahaman pada Bab 2: "Virus dan Peranannya", IPA kelas X Kurikulum Merdeka yang bisa dijadikan referensi jawaban.
Pembahasan Soal Ayo Cek Pemahaman pada Bab 2: "Virus dan Peranannya"
Instruksi: Jawablah pertanyaan berikut!
1. Pilihlah pernyataan berikut yang benar tentang virus.
Jawaban: Berikut ini merupakan pernyataan yang benar tentang virus, yaitu:
- Virus hanya dapat bereproduksi dalam sel inang.
- Virus bukan merupakan sebuah sel.
Baca Juga: Jawab Soal Ayo Berlatih pada Bab 2: 'Virus dan Peranannya', IPA Kelas X
- Virus tersusun atas materi genetik dan kapsid.
2. Jodohkanlah gambar fase dengan nama fase yang benar pada siklus litik.
Jawaban: Berikut ini gambar fase dengan nama fase yang benar pada siklus litik, antara lain:
gambar 1: fase lisisgambar 2: fase injeksigambar 3: fase pelekatan
3. Tentukan benar atau salah penjelasan tentang peranan virus.
Jawaban: - Tungro adalah penyakit yang menyerang tanaman padi yang disebabkan oleh virus tungro.
Jawaban: Benar
- Virus NCD menyebabkan penyakit tetelo pada ayam dan itik.
Jawaban: Benar
- Cikungunya adalah penyakit demam yang disebabkan oleh virus dengue.
Baca Juga: Jawab Soal Aktivitas 2.4 Ayo Menelaah pada Bab 2: Virus dan Peranannya, IPA Kelas X
Jawaban: Salah
- Virus dapat menghasilkan insulin dengan merekayasa materi genetiknya.
Jawaban: Salah
Alasan: Cikungunya disebabkan oleh Chikungunya virus. Virus tidak dapat menghasilkan insulin tetapi dapat membantu pembentukan insulin pada bakteri dimana virus berperan sebagai pembawa gen insulin yang diinjeksikan pada bakteri.
4. Simak poster di bawah ini.
a. Berdasarkan poster tersebut, tentukan benar atau salah pernyataan berikut.
Jawaban: - Mengatur jarak maksimal 2 meter dapat mengurangi penyebaran virus corona.
Jawaban: Salah
- Menggunakan gelas yang sama secara bergiliran tidak dianjurkan.
Jawaban: Benar
- Tinggal dalam ruangan ber-AC dapat mengurangi penyebaran virus corona.
Baca Juga: Jawab Soal Ayo Berlatih pada Bab 2: 'Virus dan Peranannya', IPA Kelas X
Jawaban: Salah
b. Seorang peneliti meneliti sebaran droplet ketika seseorang berbicara, bersin dan batuk.
Dalam penelitiannya dia juga mengamati sebaran droplet ketika orang tersebut tidak menggunakan pelindung, menggunakan masker, pelindung wajah (face shield) dan kaca penyekat.
Berdasarkan informasi tersebut, tentukan apakah pernyataan berikut benar atau salah.
Jawaban: - Peneliti bermaksud membandingkan efektivitas masker, pelindung wajah (face shield) dan kaca penyekat.
Jawaban: Benar
- Peneliti tersebut meneliti perbandingan sebaran droplet (percikan) apabila seseorang menggunakan pelindung dan tidak menggunakan sama sekali.
Jawaban: Benar
- Data penelitian tersebut dapat digunakan untuk menentukan pelindung yang tepat untuk mengurangi penyebaran Covid-19.
Jawaban: Benar
c. Penelitian lanjutan seperti apakah yang dapat dilakukan oleh peneliti tersebut?
Baca Juga: Jawab Soal Aktivitas 1.3 Komponen pada Jangka Sorong dan Fungsinya, IPA Kelas X
Jawaban: Penelitian lanjutan yang dapat dilakukan adalah jenis masker apa yang baik untuk pencegahan Covid-19 atau yang lainnya yang logis dan berkaitan dengan rencana penelitian.
Demikian pembahasan soal Ayo Cek Pemahaman pada Bab 2: "Virus dan Peranannya", IPA kelas X Kurikulum Merdeka.
Tonton video ini, yuk!