Pengertian Sumber Daya Alam serta Nilai yang Dimilikinya, Materi Geografi Kelas XI

By Rizky Amalia, Sabtu, 24 Agustus 2024 | 10:00 WIB
Sumber daya alam mencakup bahan-bahan mentah yang secara alami tersedia di bumi, baik di darat, laut, maupun di udara. (unsplash/Afif Ramdhasuma)

adjar.id - Apa yang Adjarian ketahui tentang sumber daya alam?

Kali ini kita akan mempelajari tentang pengertian sumber daya alam serta nilai-nilai yang dimilikinya.

Sumber daya alam mencakup bahan-bahan mentah yang secara alami tersedia di bumi, baik di darat, laut, maupun di udara.

Sumber daya alam (SDA) adalah segala sesuatu yang berasal dari alam dan dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Nah, sumber daya alam menjadi salah satu komponen penting dalam perkembangan ekonomi suatu negara karena dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, seperti industri, pertanian, perikanan, dan energi.

Sumber daya alam terbagi menjadi dua kategori utama, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam ini dapat terus tersedia selama penggunaannya tidak melebihi kemampuan alam untuk memperbaharuinya.

Contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui, yaitu air, Udara, hutan, dan tanah.

Pengelolaan sumber daya yang dapat diperbaharui penting untuk memastikan keberlanjutannya.

Pemanfaatan yang berlebihan atau tanpa perencanaan dapat menyebabkan kelangkaan, seperti yang terjadi pada penebangan liar dan pencemaran air.

Sementara sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui ialah sumber daya alam yang memiliki jumlah yang terbatas dan tidak dapat diproduksi kembali oleh alam dalam waktu yang singkat.

Baca Juga: 3 Potensi Sumber Daya Alam Kemaritiman, Materi Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Kurikulum Merdeka