Jawab Soal Pertanyaan Pemantik Puisi Bab 4: 'Menulis Puisi yang Menginspirasikan Adanya Kesempatan untuk Semua', Bahasa Indonesia Kelas XI

By Rizky Amalia, Selasa, 13 Agustus 2024 | 10:00 WIB
Berbeda dengan prosa yang ditulis dalam bentuk paragraf, puisi ditulis dalam bentuk baris dan bait dengan bahasa yang indah. (George Milton)

adjar.id - Kali ini kita akan membahas soal dari buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka.

Terdapat soal Pertanyaan Pemantik Puisi pada Bab 4: "Menulis Puisi yang Menginspirasikan Adanya Kesempatan untuk Semua" di halaman 93.

O iya, soal Pertanyaan Pemantik Puisi terdiri dari tiga pertanyaan.

Puisi adalah salah satu jenis karya sastra yang dikenal sejak dahulu kala.

Maka dapat dikatakan bahwa puisi adalah salah satu ragam sastra yang paling tua.

Berbeda dengan prosa yang ditulis dalam bentuk paragraf, puisi ditulis dalam bentuk baris dan bait dengan bahasa yang indah.

Walaupun begitu, puisi tetap memuat pesan dari penyairnya.

Pengertian puisi ialah bentuk karya sastra yang berisi ungkapan penyair yang dituangkan dengan memanfaatkan segala daya, seperti bahasa, imajinasi, dan kreativitas.

Puisi juga dipahami sebagai karya sastra yang berupa ungkapan pikiran dan perasaan penyair yang dituangkan dengan menggunakan bahasa yang indah serta mengandung makna mendalam.

Ciri-ciri puisi yang membedakan dengan karya sastra lain, yaitu menggunakan diksi yang tepat dengan memperhatikan irama atau bunyi.

Selain itu, ciri-ciri puisi adalah menggunakan bahasa konotatif serta terdapat pemadatan segala unsur daya bahasa.

Baca Juga: Jawab Soal Bahasa Indonesia Kelas XI Bab 4 Kurikulum Merdeka, Pemahaman Puisi 'Aku Ingin'