Materi yang Dipelajari dalam Informatika, Materi Informatika Kelas X

By Rizky Amalia, Kamis, 8 Agustus 2024 | 12:00 WIB
Informatika dipahami sebagai ilmu yang membahas pengelolaan dan analisis data. (Pexels)

adjar.id - Apa yang Adjarian ketahui tentang informatika?

Pada artikel ini kita akan mempelajari pengertian dan materi yang dipelajari dalam informatika sesuai dengan buku Informatika kelas X Bab 1: Informatika dan Keterampilan Generik.

Informatika penting untuk diajarkan di tingkat sekolah karena sangat bermanfaat saat memasuki dunia kerja atau jenjang pendidikan selanjutnya.

Menurut KBBI, pengertian informatika adalah ilmu tentang pengumpulan, klasifikasi, penyimpanan, pengeluaran, dan penyebaran pengetahuan yang direkam.

Informatika juga dipahami sebagai ilmu yang membahas pengelolaan dan analisis data.

O iya, informatika menekankan pada pengumpulan informasi melalui pemanfaatan struktur, sifat, dan interaksi dari sejumlah sistem.

Tujuan dari pengelolaan informatika ialah menghubungkan berbagai bidang hingga bisa memberi manfaat bagi kehidupan, Adjarian.

Informatika berperan mengubah data dan informasi menjadi lebih mudah diakses.

Tujuan dan fungsi informatika adalah melakukan penjelajahan cara informatika dalam membentuk jaringan, organisasi, dan dunia setiap orang.

Selain itu, informatika juga bertujuan untuk membangun atau membuat alat dan aplikasi komputasi yang inovatif.

"Informatika merupakan ilmu yang aspek kognitif sebagai ilmu serta aspek sosial untuk menilai pengaruh dan akibat sosial dari penggunaan teknologi informasi."

Baca Juga: 2 Jenis Konektivitas Internet, Materi Informatika Kelas X Kurikulum Merdeka