Jawab Soal Ayo Berlatih pada Bab 2: 'Virus dan Peranannya', Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas X

By Rizky Amalia, Kamis, 8 Agustus 2024 | 11:00 WIB
(tangkapan layar) Replikas adalah proses memperbanyak diri virus yang terdiri dari siklus litik dan lisogenik. (kemdikbud.go.id)

adjar.id - Kali ini kita akan membahas soal dari buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas X Kurikulum Merdeka.

Terdapat soal Ayo Berlatih pada Bab 2: "Virus dan Peranannya" di halaman 39-40.

Sebelum mengerjakan soal yang tersedia kita bisa mempelajari tentang replika virus terlebih dahulu.

Replika adalah proses memperbanyak diri virus yang terdiri dari siklus litik dan lisogenik.

Virus melakukan siklus litik dan lisogenik tergantung pada virulensi atau ketahanan sel inang terhadap virus penginfeksi.

Jika sel inang memiliki ketahanan yang lemah maka virus bisa melakukan siklus litik.

Namun, jika sel inang memiliki ketahanan yang tinggi maka virus melakukan siklus lisogenik.

Simak pembahasan soal Ayo Berlatih pada Bab 2: "Virus dan Peranannya", IPA kelas X Kurikulum Merdeka di bawah ini.

Pembahasan Soal Ayo Berlatih pada Bab 2: "Virus dan Peranannya"

Instruksi: Setelah Kalian belajar tentang replikasi virus, cobalah jawab pertanyaan berikut.

1. Urutkanlah proses tahapan proses replikasi virus berikut. 

Baca Juga: Jawab Soal Ayo Berlatih tentang Karakteristik Virus, Materi IPA Kelas X Kurikulum Merdeka

Tahap pelekatan-Tahap perakitan-Tahap sintesis-Tahap sel lisis-Tahap penetrasi

Dilihat dari tahapannya, siklus apakah yang terjadi?

Jawaban: Urutan tahapan dimulai dari tahap pelekatan, penetrasi, sintesis, perakitan, dan sel lisis.

(tangkapan layar) Pembahasan soal Ayo Berlatih pada Bab 2: 'Virus dan Peranannya', IPA kelas X Kurikulum Merdeka. (kemdikbud.go.id)

2. Identifikasilah persamaan dan perbedaan siklus litik dan lisogenik dengan menggunakan diagram venn.

Jawaban: Persamaan siklus litik dan siklus lisogenik adalah sama-sama melalui tahap pelekatan dan penetrasi.

Berikut ini perbedaan antara siklus litik dengan siklus lisogenik, antara lain: 

Siklus Litik

- Sel inang pecah- Dilakukan saat ketahanan sel inang lemah

Siklus Lisogenik

- Sel inang tidak pecah- Materi genetik virus diwariskan ke sel anakan sel inang- Dilakukan saat ketahanan sel inang tinggi

Baca Juga: Jawab Soal Aktivitas 2.1 tentang Virus, Materi IPA Kelas X Kurikulum Merdeka

3. Berikut adalah penggalan berita hoax atau bohong tentang bagaimana virus corona memperbanyak diri.

Virus corona yang tanpa sengaja menempel pada kulit tangan, akan menginfeksi sel-sel pada kulit tangan.

Ketika virus corona menempel pada permukaan sel inang, virus menginjeksikan RNA ke dalam sel inang dan memerintahkan sel inang untuk memproduksi partikel virus.

Itulah mengapa kita harus mencuci tangan agar virus tidak menginfeksi sel kulit.

a. Berdasarkan paragraf tersebut, pernyataan mana sajakah yang benar?

Jawaban: Pernyataan yang benar: Ketika virus corona menempel pada permukaan sel inang, virus menginjeksikan RNA ke dalam sel inang dan memerintahkan sel inang untuk memproduksi partikel virus

b. Menurut Kalian, kegiatan laboratorium manakah yang dapat membuktikan bahwa mencuci tangan dapat mengurangi infeksi virus?

- Mengamati di bawah mikroskop elektron sel kulit tangan yang terpapar virus corona dan sel kulit tangan yang telah dicuci dengan sabun.

Jawaban: Salah

- Membandingkan jumlah yang tertular Covid-19 antara kelompok orang yang tidak mencuci tangan dan yang selalu mencuci tangan setelah kontak dengan penderita Covid-19.

Jawaban: Benar

Baca Juga: Jawab Soal IPA Kurikulum Merdeka Kelas 10, Perananan Virus No. 1-2

- Mencampur virus corona dengan air sabun kemudian mengecek strukturnya di bawah mikroskop.

Jawaban: Benar

Apa alasan Kalian menyatakan benar atau salah?

Jawaban: Untuk menguji adanya keberhasilan dalam penggunaan sabun dalam mengurangi infeksi virus corona, dapat dilakukan dengan membandingkan jumlah yang terkena Covid-19 antara kelompok orang yang mencuci tangan dengan yang tidak ataupun melihat struktur virus yang telah mengalami kontak dengan sabun untuk melihat apakah sabun efektif merusak struktur virus sehingga peluang untuk menginfeksinya kecil.

Virus corona tidak menyerang sel kulit tangan sehingga kurang tepat untuk mengobservasinya di bawah mikroskop elektron.

Demikian pembahasan soal Ayo Berlatih pada Bab 2: "Virus dan Peranannya", IPA kelas X Kurikulum Merdeka.

Tonton video ini, yuk!