Jawab Soal Kegiatan 3 Berdasarkan Cerpan 'Tanah Air' Karya Martin Aleida No.2, Bahasa Indonesia Kelas XI

By Rizky Amalia, Rabu, 7 Agustus 2024 | 11:00 WIB
(tangkapan layar) Terdapat soal Kegiatan 3 Berdasarkan Cerpen 'Tanah Air' karya Martin Aleida Bab 3: 'Menggali Nilai Sejarah Bangsa lewat Cerita Pendek' di halaman 81-82. (kemdikbud.go.id)

adjar.id - Pada artikel ini kita akan membahas soal dari buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka.

Terdapat soal Kegiatan 3 Berdasarkan Cerpen "Tanah Air" karya Martin Aleida Bab 3: "Menggali Nilai Sejarah Bangsa lewat Cerita Pendek" di halaman 81-82.

Setelah mengerjakan soal Kegiatan 3 Berdasarkan Cerpen "Tanah Air" karya Martin Aleida nomor 1, kali ini kita akan melanjutkan mengerjakan soal nomor 2.

Kita diperintahkan untuk menggali unsur-unsur ekstrinsik berupa nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen "Tanah Air" karya Martin Aleida.

O iya, sebelum mengerjakan soal yang tersedia, Adjarian bisa membaca cerpen "Tanah Air" karya Martin Aleida di halaman 75-81.

Simak pembahasan soal Kegiatan 3 Berdasarkan Cerpen "Tanah Air" karya Martin Aleida nomor 2, bahasa Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka.

Pembahasan Soal Kegiatan 3 Berdasarkan Cerpen 'Tanah Air' Karya Martin Aleida No.2

Pertanyaan: Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini untuk menggali unsur-unsur ekstrinsik berupa nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen "Tanah Air" karya Martin Aleida!

a. Nilai moral biasa disebut juga dengan etika, yaitu penilaian baik buruknya perilaku seseorang.

Contohnya ada manusia yang jujur, rendah hati, punya integritas, punya kepedulian kepada sesama.

Tunjukkan salah satu nilai moral yang terkandung dalam cerpen "Tanah Air" kemudian berikan bukti pendukungnya!

Baca Juga: Jawab Soal Kegiatan 3 Berdasarkan Cerpen 'Tanah Air' Karya Martin Aleida No. 1, Bahasa Indonesia Kelas XI