Hari Anak Nasional 2024: Tema, Sejarah, dan Makna Logonya

By Rizky Amalia, Selasa, 23 Juli 2024 | 11:30 WIB
Hari Anak Nasional diperingati oleh masyarakat Indonesia yang sebagai bentuk kepedulian dan partisipasi dalam bentuk memenuhi hak-hak anak. (Rebecca Zaal)

adjar.id - Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 jatuh pada Selasa, 23 Juli 2024.

Hari Anak Nasional diperingati oleh masyarakat Indonesia yang sebagai bentuk kepedulian dan partisipasi dalam bentuk memenuhi hak-hak anak.

O iya, penetapan tanggal peringatan Hari Anak Nasional Indonesia berdasarkan pada pengesahan Undang-Undang tentang Kesejahteraan Anak pada 23 Juli 1979.

Tujuan peringatan Hari Anak Nasional adalah untuk meningkatkan kepedulian serta partisipasi dalam pemenuhan hak anak atas hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Tahukah Adjarian? Hari Anak Nasional sudah dirayakan di Indonesia sejak lebih dari 70 tahun, lo.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang sejarah, tema, dan makna logo Hari Anak Nasional 2024, simak informasi berikut, yuk!

Sejarah Hari Anak Nasional

Hari Anak Nasional di Indonesia ditetapkan sejak periode kepemimpinan presiden ke-2, Soeharto yang berpandangan bahwa anak-anak adalah aset kemajuan bangsa sehingga perlu diperingati keberadaannya.

Peringatan Hari Anak Nasional ditetapkan sesuai dengan Keputusan Presiden RI No. 44 Tahun 1984.

Berdasarkan keputusan tersebut, Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli dan Undang-Undang tentang Kesejahteraan Anak pada tanggal 23 Juli 1979.

Nah, semenjak saat itu, Indonesia memperingati Hari Anak Nasional setiap tahunnya pada tanggal 23 Juli, Adjarian.

Hari Anak Nasional bermula dari Hari Kanak-Kanak Nasional yang merupakan gagasan dari Kongres Wanita Indonesia (Kowani) yang didirikan pada tahun 1946.

Baca Juga: Festival Ekspresi Anak 2024: Keseruan dalam Memperingati Hari Anak Nasional 2024