6 Dampak Penjajahan di Negara Koloni, Materi Sejarah Kelas XI

By Rizky Amalia, Sabtu, 20 Juli 2024 | 16:30 WIB
Penjajahan telah meninggalkan jejak yang dalam dalam sejarah banyak negara di dunia. ( Genaro Servín)

adjar.id - Penjajahan telah meninggalkan jejak yang dalam dalam sejarah banyak negara di dunia.

Penjajahan oleh negara-negara Eropa terhadap negara-negara di Asia, Afrika, dan Amerika Latin memiliki dampak yang mendalam dan berkelanjutan.

Nah, dampak penjajahan ini bisa dilihat dalam sejarah dan perkembangan sosial, politik, ekonomi, dan budaya di negara-negara koloni tersebut.

Kolonialisme adalah penjajahan dengan maksud untuk memperluas negara tersebut.

Kolonialisme didasari oleh kepentingan ekonomi sehingga kebanyakan wilayah yang dijadikan koloni memiliki sumber daya alam yang langka.

Istilah kolonialisme berasal dari bahasa Prancis, yaitu colonia yang berarti pemukiman.

Maka dari itu, arti kolonialisme ialah suatu upaya yang dilakukan negara-negara penguasa dalam rangka memperluas wilayah kekuasaan.

Tujuan dari kolonialisme, yaitu memaksakan satu bentuk pemerintahan atas sebuah wilayah atas negeri lain (tanah jajahan) untuk mendapatkan sebuah wilayah baik dengan cara paksaan atau damai.

O iya, biasanya kolonialisme dimulai dengan penaklukan yang bisa dilakukan secara damai maupun paksaan secara langsung atau tidak langsung.

Yuk, kita pelajari sama-sama apa saja dampak penjajahan di negara koloni!

"Pendudukan atau kolonialisme bertujuan mencapai dominasi kekuatan dalam bidang ekonomi, sumber daya alam, sumber daya manusia, dan politik."

Baca Juga: Dampak Penjajahan di Negara Koloni dalam Bidang Ekonomi, Materi Sejarah Kelas 11 Kurikulum Merdeka