5 Faktor Penyebab Terjadinya Perubahan Sosial serta Ciri-cirinya, Apa Saja?

By Rizky Amalia, Jumat, 19 Juli 2024 | 14:30 WIB
Perubahan sosial bisa berupa perilaku, sikap, dan nilai-nilai dalam kelompok masyarakat. (Krizjohn Rosales)

adjar.id - Tahukah Adjarian? Perubahan sosial akan terus terjadi karena sifat masyarakat yang dinamis dan pengaruh budaya luar.

Perubahan sosial bisa berupa perilaku, sikap, dan nilai-nilai dalam kelompok masyarakat.

Menurut Selo Soemardjan, perubahan sosial dianggap sebagai perubahan struktur sosial yang berkaitan dengan hubungan sosial yang di dalamnya meliputi status, hubungan anggota keluarga, sistem politik, maupun kekuasaan.

Nah, perubahan sosial adalah modifikasi atau perubahan yang terjadi pada pola hidup manusia.

O iya, perubahan sosial juga bisa terjadi dalam beragam bentuk, seperti mode pakaian, mata pencaharian, bahasa, dan sebagainya.

Perubahan sosial berkaitan erat dengan perilaku masyarakat dan dipicu oleh munculnya reaksi sebagai tindakan dari bentuk perubahan.

Kali ini kita akan mempelajari faktor-faktor penyebab terjadinya perubahan sosial serta ciri-ciri. Yuk, kita cari tahu sama-sama!

Faktor Penyebab Terjadinya Perubahan Sosial

1. Demografi

Demografi adalah ilmu yang memberikan uraian atau gambaran statistik mengenai suatu bangsa dilihat dari sudut sosial politik.

Perubahan dalam struktur demografis, seperti pertumbuhan penduduk, perubahan usia rata-rata, dan perubahan komposisi keluarga bisa memicu perubahan sosial.

Misalnya, peningkatan usia harapan hidup bisa mengubah pola pekerjaan, pendidikan dan hubungan antargenerasi dalam masyarakat.

Baca Juga: 5 Prinsip Perencanaan Sosial