Jawab Soal Berdasarkan Teks 'Hikayat si Miskin' , Bahasa Indonesia Kelas X

By Rizky Amalia, Selasa, 9 Juli 2024 | 09:00 WIB
(tangkapan layar) Kita diperintahkan menjawab pertanyaan yang tersedia setelah membaca teks 'Hikayat si Miskin'. (kemdikbud.go.id)

adjar.id - Pada artikel ini kita akan membahas soal yang terdapat di buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas X.

Terdapat soal berdasarkan teks "Hikayat si Miskin" pada Bab 3: "Menyusuri Nilai dalam Cerita Lintas Zaman", buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas X halaman 63.

Soal berdasarkan teks "Hikayat si Miskin" terdiri dari lima pertanyaan.

Kita diperintahkan menjawab pertanyaan yang tersedia setelah membaca teks "Hikayat si Miskin".

Yuk, simak informasi berikut ini untuk mengetahui pembahasan soal berdasarkan teks "Hikayat si Miskin", bahasa Indonesia kelas X!

Pembahasan Soal Berdasarkan Teks "Hikayat si Miskin"

1. Apakah setiap tokoh memiliki porsi yang sama dalam cerita untuk digambarkan karakternya? Jika tidak, tokoh mana yang mendapatkan porsi lebih banyak? Jelaskan alasanmu!

Jawaban: Tidak, tidak semua tokoh memiliki porsi yang sama dalam cerita. Tokoh utama dalam teks "Hikayat si Miskin" memiliki porsi yang lebih banyak, yaitu si Miskin.

Hal ini karena cerita tersebut menceritakan tentang usaha si Miskin dalam memenuhi keinginan istrinya.

2. Adakah keterkaitan antara karakter tokoh dan cara mereka menyelesaikan masalah? Mengapa?

Jawaban: Ada keterkaitan antara karakter tokoh dan cara mereka menyelesaikan masalah.

Baca Juga: Jawab Soal Kegiatan 1 Tabel 3.2 Identifikasi Karakterisasi pada Teks 'Hikayat si Miskin', Bahasa Indonesia Kelas X