Apa yang Dimaksud dengan Akreditasi dalam Perguruan Tinggi? Ini Pengertian dan Tingkatannya

By Rizky Amalia, Kamis, 27 Juni 2024 | 16:00 WIB
Istilah akreditasi sering dijumpai saat memilih perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan. (Keira Burton)

adjar.id - Istilah akreditasi sering dijumpai saat memilih perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan.

Salah satu hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih perguruan tinggi adalah akreditasi.

Menurut KBBI, akreditasi adalah pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu.

Nah, akreditasi merupakan proses penilaian independen yang dilakukan oleh badan akreditasi terkemuka untuk menilai dan memastikan institusi pendidikan memenuhi standar kualitas tertentu.

Tujuan akreditasi adalah untuk memastikan bahwa institusi tersebut memberikan pendidikan yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja.

Tahukah Adjarian? Dalam dunia pendidikan, akreditasi memegang peran yang sangat penting, lo.

Adanya akreditasi memberikan calon mahasiswa keyakinan bahwa pendidikan yang akan diterima di suatu perguruan tinggi pilihan akan berkualitas.

Maka dari itu penting bagi institusi pendidikan tinggi untuk memastikan akreditasi yang baik sebagai jaminan mutu pendidikan yang diberikan.

Selain itu, akreditasi juga memberikan pengakuan resmi terhadap kualitas perguruan tinggi oleh badan-badan pemerintah dan lembaga pendidikan.

Perguruan tinggi yang memiliki akreditas biasanya memiliki reputasi yang lebih baik di mata calon mahasiswa, orang tua, dan calon pemberi kerja.

Bagi mahasiswa, gelar atau ijazah dari perguruan tinggi memiliki pengakuan yang lebih luas dan dihargai lebih tinggi di dunia kerja.

Baca Juga: Cara Cek Akreditasi Kampus dan Program Studi melalui Laptop dan Ponsel