Jawab Soal Latih Uji Kompetensi Bab 6: C. Proklamator dan Peran Para Tokoh Sekitar Proklamasi, Sejarah Kelas XI

By Rizky Amalia, Selasa, 18 Juni 2024 | 07:00 WIB
(tangkapan layar) Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bukan perjuangan orang per orang, tetapi perjuangan seluruh bangsa Indonesia. (kemdikbud.go.id)

adjar.id - Kali ini kita akan membahas soal dari buku Sejarah kelas XI.

Pada buku Sejarah kelas XI terdapat soal Latih Uji Kompetensi Bab 6: "C. Proklamator dan Peran Para Tokoh Sekitar Proklamasi" di halaman 135.

Nah, soal Latih Uji Kompetensi Bab 6: "C. Proklamator dan Peran Para Tokoh Sekitar Proklamasi" terdiri atas lima pertanyaan esai.

Sebelum membahas soal ini kita dapat mempelajari materi Bab 6: "C. Proklamator dan Peran Para Tokoh Sekitar Proklamasi".

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bukan perjuangan orang per orang, tetapi perjuangan seluruh bangsa Indonesia.

Kita perlu memahami perjuangan mereka, karena mereka berjuang untuk bangsa Indonesia yang berarti untuk kehidupan kita sekarang dan generasi penerus bangsa Indonesia.

Banyak tokoh penting yang berperan di berbagai peristiwa di sekitar proklamasi, seperti Ir. Soekarno, Drs. Moh.Hatta, Ahmad Subarjo, Sukarni Kartodiwiryo, Sayuti Melik, Burhanuddin Mohammad Diah, Latif Hendraningrat, S. Suhud, Suwiryo, hingga Sutan Syahrir.

Proklamasi 17 Agustus 1945 melibatkan peranan banyak orang. Bahkan bukan hanya bangsa Indonesia, tetapi sebagian bangsa lain juga bersimpati untuk perjuangan bangsa Indonesia.

Para tokoh memiliki peranan berbeda-beda dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Mereka berperan sesuai dengan kemampuan dan kesempatan yang harus dilakukan.

Para tokoh pejuang itu senantiasa rela berkorban dan tanpa pamrih untuk berjuang mencapai kemerdekaan sehingga bangsa Indonesia bebas dari penjajahan.

Mereka bersatu saling bahu membahu bersama rakyat rela berkorban tanpa pamrih untuk mempertahankan tanah air Indonesia.

Baca Juga: Jawab Soal Latih Uji Kompetensi Bab 6: B. Terbentuknya Pemerintahan dan NKRI, Sejarah Kelas XI