Jawab Soal Latih Uji Kompetensi Bab 6: A. Dari Rengasdengklok sampai ke Pegangsaan Timur, Sejarah Kelas XI

By Rizky Amalia, Selasa, 11 Juni 2024 | 09:00 WIB
(tangkapan layar) Bab 6: A. 'Dari Rengasdengklok sampai ke Pegangsaan Timur' dalam buku Sejarah kelas X mempelajari tentang kemerdekaan bangsa Indonesia. (kemdikbud.go.id)

adjar.id - Pada artikel ini kita akan membahas soal Latih Uji Kompetensi dari buku Sejarah kelas XI.

Terdapat soal Latih Uji Kompetensi Bab 6: A. "Dari Rengasdengklok sampai ke Pegangsaan Timur" dalam buku Sejarah kelas XI halaman 103.

Nah, soal Latih Uji Kompetensi Bab 6: A. "Dari Rengasdengklok sampai ke Pegangsaan Timur" terdiri atas empat pertanyaan esai.

Sebelum membahas soal Latih Uji Kompetensi Bab 6: A. "Dari Rengasdengklok sampai ke Pegangsaan Timur" kita dapat mempelajari materi terlebih dahulu, ya.

Bab 6: A. "Dari Rengasdengklok sampai ke Pegangsaan Timur" dalam buku Sejarah kelas XI mempelajari tentang kemerdekaan bangsa Indonesia.

Ada beberapa peristiwa yang terjadi sebelum pada akhirnya Indonesia memproklamasikan kemederkaan.

Mulai dari Jepang bertekuk lutut, peristiwa Rengasdengklok, perumusan teks proklamasi, hingga Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Proklamasi 17 Agustus 1945 merupakan perjuangan bersama rakyat Indonesia. Banyak tokoh berperan dalam proses perjuangan tersebut.

Bahkan bukan hanya bangsa Indonesia, tetapi sebagian bangsa lain juga bersimpati untuk perjuangan bangsa Indonesia.

Peranan para tokoh dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia berbeda-beda. Mereka berperan sesuai dengan kemampuan dan kesempatan yang harus dilakukan.

Rakyat Indonesia di berbagai daerah mendukung Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang dibuktikan dengan reaksi mereka yang sangat heroik.

Baca Juga: Jawab Soal Latih Ulangan Akhir Bab 5: Tirani Matahari Terbit, Sejarah Kelas XI