Langkah-Langkah Melakukan Penelitian Sejarah, Materi Sejarah Kelas X

By Rizky Amalia, Jumat, 7 Juni 2024 | 16:00 WIB
Setiap peneliti sejarah memerlukan metode penelitian sejarah untuk membuat sebuah eksperimen yang sistematis. (unsplash/Joanna Kosinska)

adjar.id - Ilmu sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari kehidupan di masa lampau dan manusia sebagai objeknya.

Nah, penelitian sejarah ialah metode sejarah yang memuat suatu sistem dari cara-cara yang benar untuk memeroleh kebenaran sejarah.

Setiap peneliti sejarah memerlukan metode penelitian sejarah untuk membuat sebuah eksperimen yang sistematis.

Nah, setiap negara tentunya memiliki sejarah di masa lalu, misalnya Indonesia yang mempunyai sejarah berdirinya banyak kerajaan besar yang tersebar di seluruh wilayah nusantara.

Ada juga sejarah yang masuk pemerintahan kolonial ke tanah air yang membuat sejumlah kerajaan di Indonesia mengalami kemunduran.

Penelitian sejarah dapat mencakup banyak tema, kejadian, atau hal-hal lainnya.

Penelitian yang dilakukan dalam meneliti sejarah tidak hanya berisi kegiatan untuk menceritakan kembali suatu peristiwa di masa lalu.

Peneliti harus memiliki sumber-sumber yang kuat untuk menjelaskan suatu peristiwa dengan konkret.

Maka dari itu, isi penelitian sejarah dapat dipertanggungjawabkan, yaitu ada bukti yang menjelaskan rentetan peristiwa di masa lalu.

Bukti itu dapat berupa wawancara dengan mereka yang terlibat langsung dalam kejadian, dokumen sejarah, foto, hasil rekaman, dan lain sebagainya.

Kali ini kita akan mempelajari langkah-langkah melakukan penelitian sejarah.

Baca Juga: 3 Manfaat Sumber Sejarah bagi Penelitian Sejarah, Materi Sejarah Kelas X