Jawab Soal Uji Pemahaman Unit 1 Bagian 3: Mengidentifikasi Identitas Individu dan Identitas Kelompok, PPKn Kelas X

By Rizky Amalia, Jumat, 7 Juni 2024 | 12:00 WIB
Kata lain dari jati diri adalah identitas. (Monstera Production)

adjar.id - Pada artikel ini kita akan membahas soal yang terdapat pada buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas X.

Terdapat soal Uji Pemahaman Unit 1 Bagian 3: "Mengidentifikasi Identitas Individu dan Identitas Kelompok", buku PPKn kelas X halaman 131-132.

Soal Uji Pemahaman Unit 1 Bagian 3: "Mengidentifikasi Identitas Individu dan Identitas Kelompok" terdiri atas tiga pertanyaan yang berbentuk esai.

Unit 1 Bagian 3: "Mengidentifikasi Identitas Individu dan Identitas Kelompok" mempelajari tentang apa yang dimaksud identitas, baik pada aspek jenis identitas maupun pembentukannya

Kita juga diharapkan mampu memberikan contoh tentang masing-masing jenis identitas dan mengaitkan konsep identitas tersebut dengan Pancasila dalam materi ini.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jati diri diartikan sebagai keadaan khusus seseorang. Kata lain dari jati diri adalah identitas.

Dilihat dari prosesnya, identitas bisa terbentuk secara alamiah atau sosial.

Warna kulit misalnya, adalah contoh dari identitas yang terbentuk secara alamiah.

Sementara dasar dari sebuah negara adalah jati diri atau identitas yang dibentuk atau disepakati oleh seluruh elemen yang ada di dalamnya.

Berikut pembahasan soal Uji Pemahaman Unit 1 Bagian 3: "Mengidentifikasi Identitas Individu dan Identitas Kelompok", materi PPKn kelas X.

Yuk, kita simak!

Baca Juga: Jawab Soal Uji Pemahaman Unit 7 Bagian 2: Menganalisis Produk Perundang-undangan, PPKn Kelas X