6 Ciri-Ciri Kronologis dalam Sejarah serta Fungsinya, Materi Sejarah Kelas X

By Rizky Amalia, Senin, 3 Juni 2024 | 18:00 WIB
Dalam mempelajari sejarah, terdapat istilah kronologis. (Gül Işık)

adjar.id - Pada artikel ini kita akan mempelajari ciri-ciri kronologis dalam sejarah?

Pengertian kronologis menurut KBBI adalah berkenaan dengan kronologi atau menurut urutan waktu dalam penyusunan sejumlah kejadian atau peristiwa.

Secara etimologis, istilah kronologis berasal dari bahasa Yunani, yaitu chronoss yang artinya waktu dan logos yang artinya ilmu.

Tahukah Adjarian? Dalam mempelajari sejarah, terdapat istilah kronologis.

Berkaitan dengan ilmu sejarah, kronologis diartikan sebagai ilmu tentang waktu yang membantu untuk menyusun peristiwa atau kejadian sejarah sesuai dengan urutan waktu terjadinya.

Cara berpikir kronologis bisa mempermudah kita dalam melakukan rekonstruksi terhadap semua peristiwa masa lalu dengan tepat.

Sejarah sering kali disusun berdasarkan kronologi untuk memberikan gambaran yang jelas tentang perkembangan masyarakat, peradaban, dan budaya.

Kronologis memungkinkan para peneliti untuk mengklasifikasikan, menganalisis, dan menafsirkan data sejarah dengan lebih baik.

O iya, kronologis juga membantu individu menjawab pertanyaan-pertanyaan penting bagaimana dan mengapa peristiwa berlangsung, serta dampaknya pada masyarakat.

Yuk, kita pelajari sama-sama apa saja ciri-ciri kronologis dalam sejarah!

"Kronologis dalam ilmu sejarah dipahami sebagai cara berpikir yang membantu memahami sebab akibat dari peristiwa yang berkaitan dengan sejarah."

Baca Juga: Mengapa Kronologi Sejarah Diperlukan?