Jawab Soal Latih Uji Kompetensi Bab 5: B. Organisasi Pergerakan Masa Pendudukan Jepang, Sejarah Kelas XI

By Rizky Amalia, Jumat, 31 Mei 2024 | 14:30 WIB
(tangkapan layar) Soal Latih Uji Kompetensi Bab 5: B. 'Organisasi Pergerakan Masa Pendudukan Jepang' terdapat pada buku Sejarah kelas XI semester 2 di halaman 39. (kemdikbud.go.id)

adjar.id - Kali ini kita akan membahas soal Latih Uji Kompetensi Bab 5: B. "Organisasi Pergerakan Masa Pendudukan Jepang".

Soal Latih Uji Kompetensi Bab 5: B. "Organisasi Pergerakan Masa Pendudukan Jepang" terdapat pada buku Sejarah kelas XI semester 2 di halaman 39.

O iya, Latih Uji Kompetensi Bab 5: B. "Organisasi Pergerakan Masa Pendudukan Jepang" terdiri dari enam soal yang berupa esai.

Bab 5: B. "Organisasi Pergerakan Masa Pendudukan Jepang" mempelajari tentang organisasi pergerakan di zaman pendudukan Jepang berdiri karena prakarsa Jepang.

Ada organisasi yang kooperatif, tetapi ada gerakan bawah tanah. Organisasi yang bersifat sosial kemasyarakatan misalnya Gerakan Tiga A, Putera, dan Jawa Hokokai.

Sementara organisasi bersifat militer dan semimiliter antara lain, Seinendan, Keibodan, Barisan Pelopor, Heiho, dan Peta.

Sifat pemerintahan pendudukan Jepang di Indonesia cenderung otoriter dan bersifat tirani.

Yuk, simak informasi di bawah ini untuk mengetahui pembahasan soal Latih Uji Kompetensi Bab 5: B. "Organisasi Pergerakan Masa Pendudukan Jepang", materi Sejarah kelas XI!

Pembahasan Soal Latih Uji Kompetensi Sejarah Kelas XI Semester 2

1. Bagaimana penilaianmu tentang organisasi pergerakan di Indonesia pada masa pendudukan Jepang? Terdapat dua model strategi, ada yang bersifat kooperatif dengan Jepang, tetapi ada nonkooperatif atau gerakan bawah tanah. Jelaskan secara kritis!

Jawaban: Tidak dipungkiri organisasi pergerakan yang dibentuk Jepang di Indonesia memang memberikan banyak manfaat bagi rakyat Indonesia.

Baca Juga: Jawab Soal Latih Uji Kompetensi Bab 5 'Tirani Matahari Terbit', Sejarah Kelas XI