4 Hal yang Dimuat dalam Sebuah Resensi serta Langkah-Langkah Penulisannya, Materi Bahasa Indonesia Kelas X

By Rizky Amalia, Kamis, 30 Mei 2024 | 18:00 WIB
Resensi adalah suatu tulisan atau ulasan mengenai nilai sebuah hasil karya atau buku. (Alina Vilchenko)

adjar.id - Tahukah Adjarian apa saja hal-hal yang dimuat dalam sebuah resensi?

Secara etimologi, resensi berasal dari bahasa Belanda, resentie dan bahasa Latin, recentsio, recensere, atau revidere yang berarti mengulas kembali.

Resensi adalah suatu tulisan atau ulasan mengenai nilai sebuah hasil karya atau buku.

Resensi juga dipahami sebagai tulisan yang berisi penilaian suatu karya, seperti drama, lagu, buku, film, hingga karya sastra dan seni lainnya.

Resensi ditulis untuk menyampaikan kepada para pembaca apakah hasil karya atau buku tersebut patut mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak.

Bersumber dari gramedia.com, resensi buku ialah kegiatan menelaah suatu karya yang berbentuk sebuah isi cerita yang dituangkan ke dalam buku, novel, cerita pendek ataupun sebuah buku pengetahuan.

Unsur-unsur yang mencakup resensi buku ialah judul, identitas buku, pendahuluan (orientasi), sinopsis (gambaran singkat isi buku), analisis, evaluasi (kelebihan dan kekurangan, kritik atau saran).

Bagi penulis buku, resensi buku dibutuhkan sebagai sarana mendapatkan umpan balik agar dapat membuat karya yang lebih berkualitas.

Sementara bagi pembaca khusus, resensi dapat dijadikan media dalam menguji atau mengembangkan suatu topik bagi para penulis novel, cerpen, naskah, atau peneliti.

Yuk, kita pelajari sama-sama hal-hal yang dimuat dalam sebuah resensi serta langkah-langkah penulisannya!

"Resensi merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk pada sebuah ulasan tentang kelemahan atau kelebihan sebuah karya."

Baca Juga: Kaidah Kebahasaan dan Struktur Resensi