7 Fungsi Medan Magnet Bumi bagi Kehidupan Makhluk Hidup di Bumi, Apa Saja?

By Rizky Amalia, Senin, 27 Mei 2024 | 16:00 WIB
Untuk kelangsungan hidupnya, makhluk hidup bergantung dan memanfaatkan medan magnet Bumi. (pxhere)

adjar.id - Tahukah Adjarian? Untuk kelangsungan hidupnya, makhluk hidup bergantung dan memanfaatkan medan magnet Bumi, lo.

Medan magnet Bumi atau medan geomagnetik adalah medan magnet yang terbentuk dari gesekan lapisan besi dan nikel cair yang ada di bagian luar inti Bumi. Medan magnet Bumi dapat memengaruhi batang magnet yang diletakkan bebas di sekitar permukaan Bumi.

Menurut teori kemagnetan Bumi, dijelaskan bahwa Bumi sebagai magnet raksasa yang memiliki kutub magnet, yaitu kutub utara magnet dan kutub selatan magnet.

Kutub utara magnet Bumi berada di sekitar kutub selatan Bumi, sedangkan kutub selatan magnet Bumi berasa di sekitar kutub utara Bumi.

Nah, berikut macam-macam fungsi medan magnet Bumi bagi kehidupan makhluk hidup di Bumi.

Fungsi Medan Magnet Bumi bagi Kehidupan

1. Navigasi Hewan dan Manusia

Salah satu fungsi medan magnet Bumi adalah sebagai navigasi untuk hewan dan manusia.

Medan magnet Bumi memberikan panduan navigasi bagi banyak spesies hewan, termasuk burung migran dan beberapa jenis ikan.

Insting alami hewan ini memungkinkan mereka menggunakan medan magnet sebagai panduan dalam perjalanan migrasi atau navigasi di laut.

Manusia juga telah memanfaatkan medan magnet Bumi untuk navigasi sejak zaman dahulu kala, menggunakan kompas magnetik sebagai alat bantu untuk menentukan arah.

Baca Juga: Jenis-Jenis Migrasi Hewan yang Memanfaatkan Medan Magnet Bumi

2. Keseimbangan Ekosistem