Tahap Verifikasi serta Pendaftaran dan Seleksi PPDB Wilayah DIY 2024 Jenjang SMA dan SMK

By Rizky Amalia, Senin, 27 Mei 2024 | 14:30 WIB
(ilustrasi) PPDB dilaksanakan secara 'online' agar memudahkan proses pendaftaran masuk sekolah bagi peserta didik baru. (Jeswin Thomas)

adjar.id - PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru) adalah langkah awal kegiatan proses pendidikan di bidang persekolahan khususnya pada pendidikan menengah yang menjadi kewenangan pemerintahan.

PPDB dilaksanakan secara online agar memudahkan proses pendaftaran masuk sekolah bagi peserta didik baru.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021, ada empat jalur PPDB 2024, yakni jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua/wali, dan jalur prestasi.

PPDB bertujuan memberikan kesempatan yang adil bagi seluruh peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan berkualitas dari pemerintah yang dekat dengan domisilinya.

PPDB wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 2024 dibuka pada bulan Juni 2024 untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK.

PPDB wilayah DIY 2024 jenjang SMA dan SMK dilaksanakan secara online dengan beberapa tahapan, yaitu ASPD (tahapan awal pendaftaran PPDB online untuk memastikan keabsahan data calon peserta didik), input data, cek dan verifikasi NIK, verifikasi dokumen, pendataan radius tempat tinggal, ajuan akun, aktivasi PIN/token, serta pendaftaran dan seleksi PPDB.

Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui tahap verifikasi serta pendaftaran dan seleksi PPDB wilayah DIY 2024 untuk jenjang SMA dan SMK.

Tahap Verifikasi dan Pendaftaran PPDB Wilayah DIY 2024 Jenjang SMA dan SMK

Untuk daftar dan login, peserta PPDB dapat mengakses link yogyaprov.siap-ppdb.com.

Berikut ini merupakan tahap verifikasi bagi calon peserta didik Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), antara lain:

- Input data siswa lulusan luar DIY dan lulusan dalam DIY sebelum tahun 2024.

- Cek NIK & pengajuan perubahan data kependudukan.

Baca Juga: Pendaftaran PPDB Jogja Dimulai, Bagaimana Cara Mendapat dan Aktivasi PIN Token?