Jawab Soal Asesmen Bagian Esai Bab 4 Proklamasi Kemerdekaan, Sejarah Kelas XI

By Rizky Amalia, Senin, 27 Mei 2024 | 14:00 WIB
(tangkapan layar) Terdapat soal Asesmen bagian esai pada Bab 4 'Proklamasi Kemerdekaan' pada buku Sejarah kelas XI halaman 166-167. (kemdikbud.go.id)

adjar.id - Pada artikel ini kita akan membahas soal Asesmen pada buku Sejarah kelas XI.

Terdapat soal Asesmen bagian esai pada Bab 4 "Proklamasi Kemerdekaan" pada buku Sejarah kelas XI halaman 166-167.

Soal Asesmen bagian esai ini terdiri dari lima pertanyaan yang berbentuk esai.

Sebelum menjawab soal Asesmen bagian esai, kita dapat mempelajari materi Bab 4 "Proklamasi Kemerdekaan".

Proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 merupakan tonggak penting dalam sejarah bangsa Indonesia.

Proklamasi adalah pernyataan kemerdekaan Indonesia dan penolakan terhadap penjajahan asing.

Proklamasi terjadi hanya beberapa hari setelah Jepang mengakui kekalahan mereka kepada Sekutu.

Sebelumnya, Jepang telah mengalami kekalahan sejak Agustus 1942, tetapi mereka tetap berusaha mempropagandakan kemenangan mereka.

Nah, kekalahan Jepang yang beruntun membuat mereka menjanjikan kemerdekaan bagi Indonesia dan mengizinkan simbol-simbol kemerdekaan Indonesia berkibar.

Jepang membentuk BPUPK dan PPKI untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Yuk, simak informasi di bawah ini untuk mengetahui pembahasan soal Asesmen bagian esai Bab 4 "Proklamasi Kemerdekaan", materi Sejarah kelas XI!

Baca Juga: Jawab Soal Asesmen Bagian Pilihan Ganda Bab 4

Pembahasan Soal Asesmen Bagian Esai Bab 4 "Proklamasi Kemerdekaan"

(tangkapan layar) Pembahasan soal Asesmen bagian esai Bab 4 'Proklamasi Kemerdekaan', materi Sejarah kelas XI. (kemdikbud.go.id)

Esai

1. Mengapa Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu?

Jawaban: Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu karena mereka telah mengalami kekalahan yang telak dalam Perang Dunia II.

Bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki oleh Amerika Serikat serta kemajuan Sekutu dalam merebut wilayah-wilayah penting Jepang membuat Jepang mengakui kekalahan mereka secara tegas dan tidak memiliki pilihan lain selain menyerah.

2. Mengapa para pemuda mengizinkan Sukarno dan Hatta dibawa kembali ke Jakarta dari Rengasdengklok?

Jawaban: Para pemuda mengizinkan Sukarno dan Hatta dibawa kembali ke Jakarta dari Rengasdengklok karena situasi politik dan keamanan telah berubah setelah Jepang menyerah kepada Sekutu.

Dengan Jepang yang tidak lagi menguasai Indonesia, para pemuda menganggap bahwa Sukarno dan Hatta harus berada di Jakarta untuk memimpin dalam perjuangan menyusun dan memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

3. Mengapa Laksamana Muda Tadashi Maeda mengizinkan kediamannya dijadikan tempat pertemuan dan perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia?

Jawaban:Laksamana Muda Tadashi Maeda mengizinkan kediamannya dijadikan tempat pertemuan dan perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia karena dia adalah salah satu pejabat Jepang yang simpatik terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Jawab Soal Asesmen Pilihan Ganda Bab 3

Maeda mendukung upaya kemerdekaan Indonesia dan bersedia membantu dalam menyusun naskah proklamasi.

4. Mengapa berita proklamasi tidak diterima secara bersamaan di seluruh wilayah Indonesia?

Jawaban: Berita proklamasi tidak diterima secara bersamaan di seluruh wilayah Indonesia karena pada saat itu komunikasi dan transportasi antarwilayah Indonesia masih terbatas.

Selain itu, kondisi perang dan ketidakstabilan politik setelah Jepang menyerah juga berkontribusi pada keterlambatan penyebaran berita tersebut.

Sebagian wilayah mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk menerima dan mengumumkan proklamasi kemerdekaan.

5. Mengapa para pekerja pelabuhan Australia turut aksi mogok para pelaut dan pekerja Indonesia di Australia yang menolak bekerja di kapal Belanda yang akan berlayar ke Indonesia?

Jawaban: Para pekerja pelabuhan Australia turut aksi mogok bersama para pelaut dan pekerja Indonesia di Australia yang menolak bekerja di kapal Belanda yang akan berlayar ke Indonesia sebagai bentuk solidaritas terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Mereka menyadari pentingnya mendukung kemerdekaan bangsa lain yang sedang berjuang melawan penjajah, dan mereka menentang konsep kolonialisme.

Aksi ini merupakan contoh solidaritas internasional dalam perjuangan kemerdekaan.

Demikian pembahasan soal Asesmen bagian esai Bab 4 "Proklamasi Kemerdekaan" halaman 166-167, materi Sejarah kelas XI.

Tonton video ini, yuk!