4 Ciri-Ciri Kalimat Imperatif dalam Iklan dan Contohnya, Materi Bahasa Indonesia Kelas VIII Kurikulum Merdeka

By Mumtahanah Kurniawati, Selasa, 28 Mei 2024 | 10:30 WIB
Kalimat imperatif memiliki beberapa ciri-ciri/ (Freepik)

adjar.id - Iklan dibuat dengan tujuan untuk memengaruhi, membujuk, dan mengajak seseorang tentang suatu hal.

Misalnya, iklan produk makanan yang bertujuan agar kita membeli produk tersebut.

Agar tujuan iklan dapat tercapai, maka penyusunan atau pembuatan iklan merupakan hal yang penting.

Salah satunya dalam penyusunan kalimat yang akan digunakan dalam iklan tersebut.

Jenis kalimat yang biasanya digunakan dalam iklan ada kalimat imperatif dan kalimat persuasif.

Nah, kita akan mempelajari kalimat imperatif. Apa itu kalimat imperatif?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dijelaskan pengertian imperatif merupakan bentuk perintah untuk kalimat atau verba yang menyatakan larangan atau keharusan melaksanakan perbuatan

Jadi, dapat kita pahami bahwa kalimat imperatif adalah kalimat larangan atau keharusan melaksanakan suatu perbuatan.

Ini berbeda dengan kalimat persuasif yang merupakan kalimat membujuk secara halus untuk meyakinkan, Adjarian.

Nah, untuk dapat mengenali kalimat imperatif kita pelajari ciri-ciri dan contoh kalimatnya di bawah ini, yuk!

"Kalimat imperatif merupakan kalimat yang biasanya digunakan dalam iklan."

Baca Juga: Kalimat Perintah (Imperatif): Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh